INDO MEDICA EXPO 2008

INDO MEDICA EXPO 2008

1 April 2008 | Posted in Agenda, berita-lengkap


Perspektif Pencapaian Perkembangan Kedokteran dalam Seabad Kiprahnya di Nusantara

Melihat kembali perkembangan kedokteran di Indonesia dalam seabad kiprahnya, terdapat banyak sekali perkembangan dan kemajuan yang dilakukan. Perspektif ilmu pengetahuan dan tehnologi, pendidikan, dan pemahaman tentang konstruksi kesehatan adalah beberapa point yang perlu kita catat bersama. Sebagai sebuah gambaran perkembangan kedokteran hari dalam perspektif ilmu pengetahuan dan teknologi dengan ditemukan metode tindakan yang lebih efektif pada tatalaksana penyakit jantung koroner dan banyak penememuan baru yang lain yang panjang apabila kita hendak mengulas satu persatu. Selain itu, paradigma pencegahan melalui promosi kesehatan telah merubah sketsa kesehatan yang selama ini berbalut dominasi kuratif atau penyembuhan.

Seabad kiprah dokter di Indonesia, merupakan gambaran kiprah dokter secara profesional dan sosial. Profesional disini dimaksudkan pada peran dokter sebagai profesi dimana dokter mempunyai tugas sebagai pengawal promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pada sisi yang lain dokter mempunyai peran dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sehingga wajar kiranya dokter berkiprah dalam pemerintahan, lembaga sosial kemasyarakatan, dan peran sosial lainnya.

Marilah kita berhenti berjalan. Sejenak memikirkan dan menakar kembali sampai sejauh mana peran-peran ini telah dimainkan oleh dokter dalam seabad kiprahnya di Nusantara. Peran profesional dan peran sosial budaya telahkah ditempatkan pada proporsinya. Melalui sebuah Indo Medica Expo dan Seminar Nasional dalam rangkaian kegiatan Seabad Kebangkitan Nasional hendaknya kita bernostalgia dunia kedokteran pada saat yang lalu dan menakar kembali kedokteran hari ini untuk kemudian kita melakukan antisipasi tantangan kedokteran di masa mendatang.(GALIH)

Pelaksanaan 1st INDO MEDICA EXPO 2008

Hari/tanggal : Kamis, 29 Mei s/d Minggu, 1 Juni 2008.
Waktu : 09.00 – 17.00 WIB
Tempat : Jakarta Convention Centre, Hall A Senayan
Agenda :

  1. Seminar dan Urun Rembug Nasional Memperkuat Kemandirian dan Ketahanan Bangsa Bidang Praktik Kedokteran dan Perumahsakitan di Era Pasar Bebas Kesehatan ASEAN dan Dunia.
  2. Pameran Kesehatan Nasional

Expo ini akan melibatkan seluruh elemen dalam dunia kedokteran dari hulu hingga ke hilir dan diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai pencapaian dunia kedokteran di Indonesia dalam kurun waktu ± 100 tahun.

Kontributor dan contact person acara :

Dr Galih Endradita M. Hp. 08123451468

Redaksi Idionline