Adenosine Menekan Myonecrosis Paska Intervensi Koroner Perkutan

Adenosine Menekan Myonecrosis Paska Intervensi Koroner Perkutan

3 August 2007 | Posted in Artikel, berita-lengkap


Adenosine menyebabkan hyperemia mikrovaskular sehingga emboli dapat terbuang ke sirkulasi vena koroner.Hampir sepertiga pasien yang menjalani intervensi koroner perkutan (IKP) mengalami myonecrosis yang ditandai dengan peninggian enzim jantung seperti CKM-MB. Padahal myonecrosis dalam berbagai studi dikaitkan dengan peningkatan risiko kejadian kardiak seperti kematian dan infark miokard.

Hingga saat ini etiologi myocrenosis paska IKP masih belum dipahami sepenuhnya. Diduga penyebabnya adalah multifaktorial dan diantara yang dituding adalah oklusi pembuluh cabang, diseksi intima dan spasme. Selain ketiga hal itu, studi-studi yang menggunakan MRI dengan kontras membuktikan bahwa emboli distal oleh material aterogenik atau thrombogenik adalah mekanisme kejadian mikro infark yang dipandang penting pula.

Lalu adakah cara mencegah atau menurunkan kejadian myocrenosis paska IKP? Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa pemberian antiplatelet tambahan seperti loading doses 600 mg clopidogrel atau pemberian 40 mg atorvastatin seminggu sebelum sebelum IKP dapat menekan myocrenosis. Studi prospektif dilakukan oleh Chi-Hang Lee dan kawan-kawan yang baru-baru ini dipublikasikan di European Heart Journal membuktikan peranan adenosine dalam menurunkan kejadian myocrenosis paska IKP.

Lee dkk melakukan studi prospektif acak dengan desain label terbuka terhadap 62 pasien yang menjalani IKP elektif. Pada kelompok pertama (31 orang) diberikan bolus 50 ug adenosine intrakoroner (yang dilarutkan dalam 5 cc saline) melalui guiding catheter sebelum IKP dilakukan sedangkan kelompok kedua (31 orang) adalah kelompok control. Ternyata pada kelompok adenosine terdapat reduksi 77% kejadian myocrenosis dibandingkan kelompok control (13% vs 39%, OR 0.23, 95% CI 0.05-0.95, p=0.20). Merujuk sejumlah literature, Lee dkk menyatakan bahwa mekanisme efek proteksi adenosine terhadap jantung memang masih belum jelas benar.