Inisiasi Menyusui Dini Selamatkan Bayi

28 August 2007 | Posted in Artikel, berita-lengkap


Ibu Ani Yudhoyono mengimbau dipenuhinya hak bayi untuk disusui ibunya dalam satu jam pertama setelah proses kelahiran. Hal itu dikemukakan oleh Ibu Negara dalam acara puncak peringatan Pekan ASI 2007 di Istana Negara, Senin pagi (27/8).

Menurut Ibu Ani, hal itu sejalan dengan penelitian Unicef yang menyebutkan bahwa inisiasi menyusui setelah satu jam pertama kelahiran dini dapat menyelamatkan 30.000 bayi di Indonesia yang biasanya meninggal pada bulan pertama setelah kelahirannya.

Dengan pemberian ASI dalam satu jam pertama, lanjut dia, maka bayi akan mendapatkan zat-zat gizi yang penting dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya pada masa yang paling rentan dalam kehidupannya.

Dikatakan Ibu Ani bahwa angka kematian bayi mencapai 35 per 1.000 kelahiran hidup atau sekitar 175.000 bayi meninggal setiap tahunnya sebelum mencapai usia satu tahun.

Namun menurut Survei Demografi Kesehatan Indonesia 2002-2003 di Indonesia hanya empat persen bayi mendapatkan ASI dalam satu jam kelahirannya.

Oleh karena itu, Ibu Negara mengimbau semua petugas kesehatan yang terlibat dalam persalinan, termasuk para dokter dan bidan untuk membantu ibu-ibu melaksanakan inisiasi menyusui dini segera setelah melahirkan.

Pada kesempatan itu Ibu Ani dengan didampingi oleh Meneg Pemberdayaan Perempuan Meutia Hatta dan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari melakukan dialog dengan pasangan suami istri yang berhasil menyusui bayinya dalam satu jam pertama setelah lahir yaitu pasangan suami istri presenter Sophie Navita dan Pongki Barata serta Elis Susanti dan Junaedi yang melahirkan dengan bantuan bidan desa di Tangerang.

Ibu Ani menanyakan kepada Sophie dan Pongki mengenai kesan-kesannya dalam melakukan inisiasi menyusui dini. “Saya merasa terkesan dengan kejadian saat si bayi ternyata dapat menemukan puting secara alamiah dan menyusu,” kata Sophie.

Sedangkan Pongki mengaku bahwa perannya dalam program inisiasi menyusu dini hanya sebatas dalam memfasilitasi kebutuhan sang istri. Senada dengan Sophie, Ellis mengatakan bahwa bayinya memerlukan waktu sekitar 30 menit untuk menemukan putingnya yang sebelah kanan.

Pada kesempatan itu ia juga mengatakan bahwa anak pertamanya tidak mengalami inisiasi menyusu dini dan justru langsung diberi susu formula oleh bidan yang membantunya melahirkan karena ketidaktahuan.

Dengan tema peringatan pekan ASI Sedunia 2007 yaitu “Menyusu Satu Jam Pertama Kehidupan Dilanjutkan dengan Menyusui Eksklusif 6 bulan, Menyelamatkan Lebih Dari 1 juta Bayi”, para ibu di Indonesia diimbau melakukan inisiasi menyusu dini.

Sumber : MioL