Komite Penanggulangan Bencana PB IDI bantu korban Situ Gintung

Komite Penanggulangan Bencana PB IDI bantu korban Situ Gintung

30 March 2009 | Posted in Artikel, berita-lengkap


Berita jebolnya tanggul Situ Gintung langsung menyebar ke seluruh pelosok negeri. Pengurus Besar Ikatan Indonesia merespon kabar tersebut dengan mengirimkan tim kesehatan Komite Penanggulangan Bencana PB IDI ke lokasi. Ketua komite Dr.Arjuna Sakti menerjunkan tim kesehatan untuk bergabung bersama tim medis gabungan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), dengan tetap berkoordinasi dengan IDI Cabang Tangerang bersama-sama turun ke lokasi.

Menempati salah satu ruangan di Fakultas Hukum UMJ, tim medis gabungan dari beberapa instansi, antara lain tim medis UMJ, Dinkes provinsi Banten, Komite Penanggulangan Bencana PB IDI, IDI Cabang Banten, Tim medis Jenggala, dan tim medis Bakornas Lembaga Kesehatan Mahasiswa Islam (LKMI) PB HMI melakukan perawatan terhadap korban bencana maupun tim relawan yang mengalami luka-luka seketika melakukan evakuasi korban.

PB IDI sendiri menurunkan tim medis antara lain Dr. Mahesa Paranadipa, Dr. Andi Afian, Dr.Joko, Dr.Asturi, Dr.Fitria Pulukadang, dan paramedis antara lain Muslimah Rajak dan Samani Kurniawan.

Hingga kemarin (29/3/09, pukul 20.00) tercatat 98 korban meninggal, 112 korban belum ditemukan, dan yang dirawat di posko kesehatan gabungan hingga hari ke-3 berjumlah 129 orang.

Dijadwalkan akan ada follow-up kegiatan dari Komite Penanggulangan Bencana PB IDI untuk membantu korban bencana Situ Gintung dengan tetap berkoordinasi dengan IDI cabang Tangerang.