KONFERENSI AIDS KAWASAN ASIA PASIFIK

31 August 2007 | Posted in Artikel, berita-lengkap


Lebih dari 3500 orang dari 60 negara di kawasan Asia dan Pasifik saat ini sedang berkumpul dalam Konperensi Internasional AIDS Asia dan Pasifik (*International Conference on AIDS in Asia and the Pacific*, atau ICAAP) ke-8 di Colombo, Sri Lanka, pada 19-23 Agustus 2007.

Kongres dibuka secara resmi pada Minggu malam, 19 Agustus, oleh Presiden SriLanka, Mahinda Rajapaksa yang didampingi oleh Menteri Kesehatan, Nimal Sripala de Silva, dan beberapa pejabat lembaga internasional dan aktivis HIV/AIDS di Bandaranaike Memorial International Conference Hall, Colombo.

Pertemuan selama empat hari ini mendatangkan berbagai pembuat kebijakan, pejabat pemerintah, pakar medis, akademik, orang dengan HIV/AIDS (ODHA), pekerja komunitas dan media untuk membicarakan isu-isu seputar stigma dan diskriminasi, akses layanan bagi ODHA, pentingnya meyakinkan kembali para pimpinan politik untuk menepati janji mereka, serta memperluas layanan kesehatan bagi mereka yang terinfeksi HIV. Peserta konperensi dapat saling bertukar pengalaman dan tantangan yang dihadapi mereka, termasuk masalah hak asasi manusia, keamanan, gender dan seksualitas, serta keterlibatan ODHA yang lebih besar dalam program HIV/AIDS.

Kongres ICAAP ini sebelumnya pernah diselenggarakan di Canberra, Australia (1990), Delhi, India (1993), Chiang Mai, Thailand (1995), Manila, Filipina (1997), Kuala Lumpur, Malaysia (1999), Melbourne, Australia (2001) dan Kobe, Jepang (2005). Tempat kongres kedelapan ini cukup unik karena berlangsung di Negara yang prevalensi HIVnya rendah. Saat ini di Sri Lanka dilaporkan ada 750 orang dengan HIV dan 200 orang yang sampai pada tahap AIDS, walaupun diperkirakan ada sekitar 5000 orang yang terinfeksi HIV di negara berpenduduk 20 juta jiwa ini.

Pada kongres terakhir di Kobe salah satu masalah kritis di kawasan Asia Pasifik yang dibicarakan adalah penyebarannya yang begitu cepat, terutama di Asia Timur. Diperkirakan pada tahun 2010 akan ada 20 juta ODHA di Asia dan Pasifik.

Kongres di Colombo dihadiri oleh delegasi Indonesia yang terdiri atas 90 orang yang diketuai oleh Ibu Nafsiah Mboi, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. Delegasi Indonesia terdiri atas aktivis LSM, ODHA, kelompok remaja, pejabat pemerintah lembaga donor, dan pemerhati lainnya.

ICAAP ke-9 akan berlangsung tahun 2009 di Bali, Indonesia, dan Ketua Panitia, Prof.Dr Zubaeri Djoebran secara resmi akan mengajak peserta menghadiri ICAAP ke-9 pada upacara penutupan di Colombo pada Kamis, 23 Agustus 2007 ini.

Sumber : Pers