Vaksin Kanker Payudara

27 August 2007 | Posted in Artikel, berita-lengkap


Dunia kedokteran kini masih terus berusaha menemukan cara untuk mencegah penyakit yang menjadi momok kaum perempuan, kanker payudara. Hasil awal penelitian tersebut cukup memberi harapan.

Vaksin yang ditujukan untuk mengatasi kanker payudara itu disebut dengan vaksin Neuvenge, dibuat oleh perusahaan Dendreon, yang juga membuat vaksin kanker prostat, Provenge. Dalam ujicoba tahap awal, Neuvenge ternyata aman dan menunjukkan tanda penurunan tumor. Namun vaksin ini hanya ditargetkan untuk pasien kanker payudara dengan status Her2 Positif.

Neuvenge dibuat oleh sel imun yang berasal dari tubuh pasien sendiri, karenanya vaksin ini tidak sama untuk setiap orang. Dalam risetnya, Dr.John Park dan timnya melakukan uji coba vaksin terhadap 18 perempuan yang memiliki Her2 dan kankernya telah menyebar meski sudah menjalani terapi. Hasilnya, vaksin itu tidak menunjukkan adanya efek samping yang berbahaya dan membantu kesembuhan paling tidak seorang pasien. Selain itu pada tiga pasien, kankernya tetap stabil selama setahun, namun hal itu boleh jadi disebabkan oleh terapi lain yang dijalani pasien.

Setelah hasil yang menggembirakan tersebut, kini para peneliti akan melanjutkan pada tahap dua penelitian untuk menguji apakah vaksin tersebut benar-benar efektif mengobati kanker payudara. Namun tentu saja dibutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan hasilnya.

Sambil menunggu keberhasilan pengobatan kanker, para perempuan disarankan untuk melakukan deteksi dini sebagai satu-satunya cara yang ada untuk mencegah kanker payudara. Semakin dini diketahui keberadaan kanker payudara ini, makin besar pula kemungkinan dapat disembuhkan.

Sumber : KCM