15th MASEAN Mid Term Council Meeting

15th MASEAN Mid Term Council Meeting

26 April 2013 | Posted in berita-lengkap


IDI Salah Satu Anggota Pendiri Masean Sejak Tahun 1981


Pembentukan MASEAN diawali dengan pertemuan persiapan dari asosiasi medis dari negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang diadakan di Jakarta, Indonesia, dari 29 Februari-1 Maret 1980 Ini diadakan sebagai tanggapan terhadap pengakuan akan pentingnya kerjasama dan upaya kolektif antara asosiasi dokter di ASEAN  dalam rangka meningkatkan kesehatan bagi masyarakat di Negara masing-masing, dan dalam menegakkan citra dan martabat profesi dokter .

Delegasi dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Vietnam, Myanmar dan Thailand bertemu untuk mempelajari  kemungkinan dan kelayakan pendirian asosiasi bersama ini,  untuk merumuskan program-program untuk studi dan penelitian serta untuk meningkatkan pelayanan dalam pemberian layanan kesehatan kepada rakyat Negara masing-masing  Terkait  juga dalam pembicaraan tersebut  pertukaran , informasi dan sumber daya untuk proyek-proyek dan program. Pertemuan persiapan memuncak dalam pembentukan MASEAN, yang diresmikan pada tanggal 10 April 1980 di Penang, Malaysia.

IDI sebagai bagian dari masyarakat dunia dalam hal ini regional ASEAN berkewajiban untuk menjalin kerjasama yang baik diantara organisasi –organisasi profesi di tingkat regional maupun internasional. IDI sudah menjadi anggota dan termasuk salah satu Negara pendiri MASEAN sejak tahun 1981. Kali ini PB IDI diundang untuk menghadiri acara Masean yang diadakan di Halong Bay Quang Ninh Vietnam selama dua hari dari tanggal 25 sampai 26 April 2013.

Untuk delegasi PB IDI yang hadir, Ketua Umum PB IDI, Dr. Zaenal Abidin, MH, Bidang Pengembangan Sistem Pelayanan Kesehatan Dr. Gatot Sutono, MPH, Bidang Kemitraan dan Pengembangan Hubungan Organisasi Internasional Dr. Ihsan Oetama, SpOG, Bidang Organisasi, Dr. Moh Adib Khumaidi, SpOT, Devisi Pembelaan Anggota, Dr. H.N. Nazar, SpB, MH.Kes.

Masean ini ada dua macam pertemuan, yaitu pertama MASEAN Conference setiap 2 tahun sekali, termasuk juga pada saat itu dilakukan pergantian Ketua/ Presiden berdasarkan tuan rumah MASEAN Conference .

Kedua MASEAN Mid Term Council Meeting, tiap tahun dengan topik- topik hangat di dunia kedokteran dan kesehatan.

Pertemuan di Vietnam ini adalah  15th MASEAN Mid Term Council Meeting, dengan Tema : Medical Ethics and Profesionalism in MASEAN. Menurut Presiden Masean Prof Jose Sabili, sangat tepat dalam pertemuan ini untuk mengetahui praktek-praktek yang berbeda dan bidang yang menjadi perhatian di wilayah MASEAN  yang berkaitan dengan perilaku etis dan praktek profesional para dokter di Negara masing-masing. “Ini pasti akan menguntungkan kita semua dalam pemahaman dan apresiasi meskipun banyak keragaman dan perbedaan termasuk pengaruh politik dalam kebijakan dan tradisi di Negara/ regional masing-masing, tutur Prof. Jose Sabili.