108 Rumah Sakit di Indonesia Terapkan Terapi Plasma Konvalesen

22 September 2021 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Plasma konvalen

GERAKAN Nasional Plasma Konvalesen yang dicanangkan pada awal 2021 telah berhasil membantu penyembuhan pasien Covid-19. Diketahui, sebanyak 108 rumah sakit di Indonesia telah menerapkan terapi plasma konvalesen sebagai upaya penyembuhan pasien.

“Di RS Hasan Sadikin Bandung 67% covid-19 kasus dapat dibantu kecepatan penyembuhanmya dengan plasma konvalesen,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto, dalam rilisnya.

Dari penelitian, terapi plasma konvalesen diberikan kepada pasien tingkat sedang hingga kondisi gawat. Terapi ini bukan pencegahan melainkan untuk membantu kecepatan penyembuhan pasien dengan menyuntikan plasma dari antibodi penyintas yang berperan untuk menurunkan jumlah virus.

“Kandungan protein yang terkandung dalam plasma konvalesen berperan untuk menjaga sel-sel tetap utuh dan tidak membuat pasien kritis,” kata Agus.

Ia menegaskan, terapi plasma konvalesen telah terjamin mutunya untuk membantu penyembuhan. Pemerintah pun terus mengajak para penyintas Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma konvalesen.

“Kita mengajak masyarakat untuk terus berempati, tenggang rasa terhadap sesama yang merupakan nilai-nilai kesetiakawanan nasional,” tuturnya

.Terkait gerakan ini, Kemenko PMK memberikan apresiasi kepada Unit Transfusi Darah (UTD) PMI yang berhasil menerima donor konvalesen terbanyak, mengapresiasi RS yang melakukan terapi plasma konvalesen, dan juga kepada pendonor yang mendonorkan plasma terbanyak.(H-2)

Sumber : mediaindonesia.com