Babel Masih Kekurangan Dokter Umum dan Spesialis

2 January 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


dokter 4

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepualauan Bangka Belitung, Mulyono mengatakan saat ini Babel masih kekurangan dokter umum maupun dokter spesialis hal ini lantaran terbatasnya sumber daya manusia.

Babel masih kekurangan untuk dokter spesialis, untuk dokter umum juga tapi tidak sebanyak kekurangan dokter spesialis, tapi dengan SDM yang ada kita optimalkan,” kata Mulyono, Selasa (24/10).

Kendati demikian, menurutnya tidak ada lagi daerah yang tidak memiliki dokter pasalnya setiap satu puskesmas ditempatkan minimal satu dokter, sehingga daerah pelosok-pelosok dapat mendapatkan akses kesehatan melalui puskemas dan ditangani dokter.

“Intinya dokter kita masih kekurangan, jangankan di pelosok, di beberapa daerah juga masih kurang terutama untuk puskesmas rawat inap, karena kan selama ini kita moratorium, dengan tenaga yang terbatas kami memberikan pelayanan yang maksimal. Setiap puskesmas wajib punya dokter, mseskipun daerah terpencilpun punya itu,” jelasn

Ia mengatakan untuk menambah jumlah dokter spesialis, pemerintah akan memeberikan pendidikan sub spesialis bagi para dokter Babel, sehingga tidak ketergantungan dengan rumah sakit diluar daerah.

“Nanti pemerintah akan memberikan pendidikan untuk tenaga sub spesialis untuk memenuhi kebutuhan yang ada, jadi kita tidak tergantung dengan rumah sakit luar di Babel. Sehingga llima tahun kedepan sudah menuai ini, untuk memenuhi tenaga itu. Saya juga berharap para dokter mengabdikan dirinya sesuai dengan tugas masing-masing,” ujarnya.

Menurutnya, kabupaten/kota juga harus memberikan fasilitas kesehatan yang cukup memadai untuk menunjang tugas dokter.