BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Faskes Berkomitmen Tinggi

BPJS Kesehatan Beri Penghargaan Faskes Berkomitmen Tinggi

20 August 2019 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


bpjs Kesehatan

 

BPJS Kesehatan memberikan penghargaan kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Rumah Sakit (RS) yang berkomitmen tinggi memberikan pelayanan terbaik bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dalam BPJS Kesehatan Award.

“Dalam rangka HUT ke-51 BPJS Kesehatan yang telah memiliki peserta lebih dari 200 juta jiwa, kami ingin mengapresiasi sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) yang berkomitmen tinggi memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik bagi peserta JKN-KIS,” terang Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan, Maya Amiarny Rusady saat konferensi pers BPJS Award di Kantor BPJS Kesehatan, Jakarta Pusat, Kamis malam (15/8).

Ada sebanyak 26.772 fasilitas kesehatan yang sudah dinilai. Total yang diseleksi yakni 52 FKTP, 42 RS, dan 13 Apotek terbaik di tingkat wilayah.

Selanjutnya, dilakukan seleksi kembali sampai pada tingkat nasional. Pada akhirnya terpilih satu FKTP terbaik dari lima kategori yakni kategori Puskesmas, klinik pratama, dokter praktik mandiri, dokter gigi, dan apotek Program Rujuk Balik (PRB). Ada pula pemilihan satu rumah sakit terbaik dari masing-masing kelas A, B, C, dan D.

Tim Juri Eksekutif, Nafsiah Mboi mengatakan, faktor utama yang dilihat dalam penilaian faskes ini adalah bagaimana pelayanan tersebut mengedepankan humanitas. Nanti dari hasil-hasilnya, apabila ada rumah sakit yang kualitasnya masih belum baik akan direkomendasikan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) agar mendapatkan pelatihan.

“Untuk melakukan penilaian rumah sakit, ada tiga hal penting yang menjadi pedoman. Pertama, humanitas, bagaimana rumah sakit memperlakukan pasien dan keluarganya. Kedua, networking. Apakah rumah sakit sudah memiliki kemudahan akses untuk merujuk pasien ke rumah sakit lainnya. Lalu yang terakhir, bagaimana rumah sakit memiliki kerja tim yang baik. Biasanya, semakin besar rumah sakit jadi semakin individualis,” imbuhnya.

Berikut pemenang fasilitas kesehatan terbaik dalam ajang BPJS Kesehatan Award:

Pemenang Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

Kategori Puskesmas: Puskesmas Banggae I Majene, Sulawesi Barat

Kategori Klinik Pratama: Klinik Madani Manado, Sulawesi Utara

Kategori Dokter Praktik Mandiri: dr. Ismawati, Barabai, Kalimantan Selatan

Kategori Dokter Gigi Praktik Mandiri: drg. Ali Sundiharja, Sukabumi, Jawa Barat

Pemenang Apotek Program Rujuk Balik (PRB)

Kategori Apotek PRB: Apotek Kimia Farma dr. Sutomo, Samarinda, Kalimantan Timur

Pemenang Rumah Sakit

Kategori Rumah Sakit Kelas A: RS Jantung Harapan Kita, Jakarta

Kategori Rumah Sakit Kelas B: RS dr. Iskak Tulungagung, Jawa Timur

Kategori Rumah Sakit Kelas C: RSU Aisyiyah Ponorogo, Jawa Timur

Kategori Rumah Sakit Kelas D: RS Panti Rini, Sleman, Yogyakarta

Penghargaan Khusus kepada Puskesmas Daerah Terpencil, Perbatasan dan Kepulauan: Puskesmas Tegal Arum, Kalimantan Barat

Sumber : Gatra.com