Dalam Rangka HBDI 107: IDI Klaten Bagikan Ratusan Paket Telur Gratis

Dalam Rangka HBDI 107: IDI Klaten Bagikan Ratusan Paket Telur Gratis

22 May 2015 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


IDI Klaten 2

Puluhan dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Klaten membagikan telur di arena Car Free Day di Jalan Pemuda, Klaten Tengah, Minggu (10/5). Ada 500 paket telur dibagikan kepada bayi di bawah dua tahun (baduta) untuk program peningkatan gizi anak.

Kegiatan yang digelar di depan Plaza Klaten itu diawali dengan senam bersama diikuti para dokter dan penyuluhan gizi yang disampaikan dokter Adib Budiarto SpA. Kemudian, pembagian paket telur berisi enam butir mulai dilakukan. Setiap anak yang datang bersama orang tuanya juga mendapatkan sebuah balon tiup.

”Kegiatan yang kami lakukan hari ini merupakan bagian dari ‘Gerakan Satu Juta Telur untuk Anak Indonesia’ yang dicanangkan PB IDI dalam memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia ke-107 yang jatuh pada 20 Mei 2015, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional,” kata Ketua IDI Klaten, dr Cahyono MKes.

Sebelumnya, panitia sudah membagikan tiket dan menyiapkan jalur untuk menertibkan antrean. Pengambilan telur pada petugas yang disiapkan di dua meja sehingga berlangsung dengan tertib. Kegiatan itu dilayani mulai pukul 07.00 sampai pukul 09.00, atau hingga berakhirnya CFD.

”Gerakan ini dilakukan sebagai wujud komitmen profesi dalam penanggulangan angka kekurangan gizi, meningkatkan kualitas hidup generasi penerus dan aset sumber daya manusia. Telur dipilih karena padat gizi, rasanya enak dan mudah diolah. Satu butir telur mengandung 5 gram protein hewani,” ujar Cahyono.

Sementara itu, dalam rangkaian Hari Bakti Dokter Indonesia, IDI juga akan mengadakan seminar tentang kesehatan telingan, hidung dan tenggorokan. Tahun ini, kegiatan bertema THT dilakukan bekerja sama dengan persatuan dokter THT pusat. Tema yang diangkat berbeda-beda setiap tahunnya.

”Kami juga akan mengadakan bakti sosial donor darah bertempat di Klinik IDI Harapan di Perum Klaten Kencana no 16 Gemblegan, Kalikotes, Klaten, 20 Mei mendatang. Selain itu, ada dilakukan pemeriksaan dan pembersihan telinga, serta pemberian bantuan alat bantu dengar,” ujar Cahyono.

Saat ini, IDI Klaten mempunyai anggota sebanyak 370 dokter, terdiri atas 295 dokter umum dan 75 dokter spesialis meliputi spesialis anak, kandungan, THT, bedah, mata, kulit dan kelamin, jiwa dan lainnya.