Dalam Rangka HBDI 109 : IDI Cab. Pasaman Barat Gelar Penyuluhan Napza

May 10, 2017 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Pasaman Barat HBDI edit

Generasi muda harus menjauh dari narkoba.  Karena jika terperangkap dengan narkoba, maka untuk rehabilitasinya akan sangat susah.  Hal ini disampaikan oleh Dr. Dian Leonita, M.Biomed saat penyuluhan Napza dalam rangka di SMA Negeri 1 Pasaman Simpang Empat, 6/5/2017.

“Jika sudah mencoba sekali, pemakai narkoba akan ketagihan dan dia akan berusaha untuk mendapatkan lagi karena efek ketergantungan yang ditimbulkan narkoba.  Jadi selain menimbulkan efek buruk bagi kesehatan, juga menimbulkan efek sosial yang tidak baik” jelas Dian.

Pada saat yang sama, Dr. Elfizon Amir, SpPD menyampaikan bahwa pemakaian injeksi yang sering digunakan oleh pemakai narkoba secara bersamaan akan menyebabkan mudah terjadinya penularan penyakit seperti HIV dan hepatitis.

“Walaupun spuit injeksi yang digunakan milik sendiri dan digunakan sendiri, kemungkinan infeksi juga sangat besar karena pemakaian yang tidak steril” jelas  Elfizon ketika menjawab pertanyaan salah seorang peserta.

Dr. Bujdi Sujono Ketua IDI Pasaman Barat menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan Napza dilaksanakan oleh IDI Cabang Pasaman Barat dalam rangka  Hari Bakti Dokter Indonesia 20 Mei pada usia IDi yang ke 109.  Untuk kegiatan ini IDI Cabang Pasaman Barat melaksanakan penyuluhan Napza secara serentak di 3 SMA negeri yakni SMA N 1 Kinali, SMA N 1 Pasaman dan SMA N 1 Lembah Melintang.