Dalam Rangka HBDI 109: IDI Dharmasraya Gelar Simposium Pola Hidup Sehat

29 May 2017 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


IDI Dharmasraya

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat menggelar simposium tentang pola hidup sehat bagi remaja di daerah itu dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-109.

“Ini upaya kami dalam mengajak remaja di Dharmasraya guna memiliki aktivitas positif agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia dewasa yang cerdas,” kata Ketua IDI Cabang Dharmasraya, dr. Emal Suhedi di Pulau Punjung, Sabtu.

Di samping memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia, ia mengatakan kegiatan ini juga merupakan bentuk keikutsertaan ikatan dokter Indonesia dalam menyiapkan pola hidup sehat bagi generasi muda yang berkualitas dan berkarakter.

Menurutnya derasnya perkembangan zaman saat ini menjadikan remaja tidak peduli lagi dengan kesehatan mereka, padahal untuk menjalani hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit.

Ia mencontohkan menjalankan pola hidup sehat dapat dimulai dengan berolahraga, pola makan sehat, istirahat yang teratur, dan tetap berfikir positif.

“Saat ini remaja tidak hanya menjalani kesibukan padat di luar aktivitas belajar dan hobi, namun demi pergaulan para remaja lebih sering keluar malam dalam aktivitas pergaulannya, oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengubah pola pikir anak muda kita,” ungkapnya.

Ia menambahkan IDI Dharmasraya juga akan menggelar Krioterapi bagi pasien yang diduga mengalami gejala kanker serviks yang akan dipusatkan dikecamatan Sungai Rumbai.

“Nanti pada 23 sampai 24 Mei juga dilaksanakan krioterapi bagi wanita dewasa yang di duga mengalami gejala kanker serviks, sebagai pemeriksaan lebih lanjut setelah menjalin IVA tes, l,” lanjutnya.

Ia berharap kegaitan yang digelar IDI di SMA Unggul Dharmasraya, Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru dapat menjadi program kurikulum di seluruh sekolah daerah itu.

“Kami pengurus IDI siap menjadi mentor jika pihak sekolah membutuhkan pendampingan untuk itu,” tambahnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Rahmadian, seluruh anggota IDI, dan 50 pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Unggul Kabupaten Dharmasraya.