Dokter di Papua Ikut Aksi Solidaritas

Dokter di Papua Ikut Aksi Solidaritas

29 November 2013 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Dokter di Papua Ikut Aksi Solidaritas
IDI Papua edit2Para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua menyatakan menolak  kriminalisasi dokter terkait adanya penangkapan terhadap dokter, termasuk kasus terakhir ditangkap dan ditahannya dr. Dewa Ayu Sosiary Prawani, Sp.OG., oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, sejak tanggal 8 November 2013, berdasarkan putusan Mahkamah Agung No. 365/K/Pid/2012.

Sebab penangkapan dan penahanan dokter itu dapat menimbulkan keresahan, keraguan dan ketidaktenangan diantara kalangan dokter dalam menunaikan tugasnya, dikarenakan kekhawatiran akan tuntutan dan kriminalisasi dokter.
Demikian Pernyataan Sikap Ketua Umum IDI dr. Zaenal Abidin, M.H., yang dibacakan Ketua IDI Papua dr. Poerwo Atmojo ketika aksi demo di RSUD Dok II Jayapura, Rabu (27/11).
Aksi demo menolak kriminalisasi dokter diikuti para dokter dari RSUD Dok II, RSUD Abepura, RSUD Yowari, RS Marthen Indey serta para dokter Puskesmas di Kota Jayapura. Ketika tiba di RSUD Dok II pendemo memakai pita hitam di lengan kanan sembari  membentangkan spanduk berbunyi Tolak kriminalisasi dokter keselamatan pasien prioritas utama pelayanan. Dokter bukan Tuhan. Stop Kriminalisasi Dokter.