EMT PB IDI MENGHADIRI ACARA MSF INTERNASIONAL DI HANOI VIETNAM

EMT PB IDI MENGHADIRI ACARA MSF INTERNASIONAL DI HANOI VIETNAM

14 June 2019 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


EMT IDI

Medecins Sans Frontier (MSF) atau Doctors Without Borders menggelar Regional Emergency Training pada tanggal 10-17 Juni 2019 yang dihadiri oleh 6 negara perwakilan Asia (Indonesia, Filipina, Vietnam, Kamboja, India, dan Bangladesh). Kegiatan ini bertempat di Adonis Hotel, Hanoi, Vietnam.

Indonesia diwakili dua institusi yaitu EMT IDI dan BNPB. Tim dari EMT IDI  yaitu dr. Nurcholis Hendry Nugraha, SpAn dan dr. Aswadi Ibrahim, SpAk sedangkan BNPB mengirim 2 orang perwakilan yaitu Johny Sumbung, SKM, MKes Kasubdit Air Bersih dan Muhammad Syauqi, ST dari Seksi Fasilitas Pendukung Hunian Sementara

Pelatihan ini dikemas dalam bentuk seminar dan workshop dimana peserta diminta proaktif dalam memberikan solusi dari contoh kasus emergensi yang terjadi di berbagai belahan dunia. Materi pelatihan mencakup Alert Detection, Alert Investigation, Measles-Malaria-Diphteria-Cholera Epidemics, Nutrition Problems, Natural Disasters, dan Complex Emergencies. Trainer pelatihan berasal dari MSF OCBA yang berkantor di Barcelona, Spanyol.

Setiap peserta dibagi ke dalam beberapa grup yang diharuskan menyimak materi, menyelesaikan berbagai latihan kasus, membuat solusi kreatif, presentasi dan akan di evaluasi di setiap akhir pelatihan. Metode ini diharapkan dapat membuat peserta lebih antusias dan aktif dalam membuat perencanaan berbagai keadaan emergensi yang terjadi di wilayah masing-masing peserta sesuai dengan standar MSF.

Kayaknya sdh cukup informasinya.

MSF telah berkontribusi membantu kegiatan kemanusiaan di Indonesia bermula pada kejadian tsunami hingga saat ini berupa edukasi kesehatan reproduksi du daerah Banten serta proyek berikutnya berupa penanganan  keracunan methanol (miras oplosan) di daerah-daerah di Indonesia.