Memperingati Hari TB Sedunia : Hanya dengan Satu Paru-paru, Sampai ke Washington

Memperingati Hari TB Sedunia : Hanya dengan Satu Paru-paru, Sampai ke Washington

24 March 2015 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


hanya satu paru edit

WASHINGTON  DC — Nama lengkapnya Ulwiyah Unijah Hasbullah atau biasa dipanggil Ully. Perempuan berusia 28 tahun dari Jakarta ini adalah salah satu pasien yang sembuh dari penyakit Multi-Drug Resistant Tuberculosis (MDR-TB) di Indonesia. Pertama kali menderita batuk hebat sejak umur 13 tahun, dan mengalami beberapa kali pengobatan TB biasa hingga akhirnya didiagnosa menderita TB-MDR pada tahun 2011. Sebagai pasien TB-MDR, Ully harus menjalani pengobatan dengan minum 15 macam obat selama 2 tahun ditambah obat suntikan selama 8 bulan setiap hari non-stop. Dan minum obat ini harus dilakukan di rumah sakit. Salah satu paru-parunya sekarang ini tidak lagi berfungsi normal, dan hidup ibu tiga anak ini hanya bergantung pada satu paru-parunya.

Berkat keberhasilannya melawan penyakit ini, Ully diundang oleh pemerintah AS untuk berkunjung ke Washington untuk berbicara di Kongres AS. Kedatangan Ully dari Indonesia ke Washington atas undangan USAID dalam rangka memperingati  Hari TB Sedunia  pada tanggal 24 Maret 2015. Peringatan Hari TB Sedunia juga akan diperingati di Indonesia pada hari ini tanggal 24 Maret 2015, bertempat di gedung Istana Wakil Presiden.

Ully hanyalah salah satu dari 7000 pasien MDR-TB di Indonesia saat ini.  Ully kini memimpin organisasi PETA (Pejuang Tangguh). Bersama teman-temannya di PETA, kini menjadi pendidik sebaya pada program CEPAT-LKNU, program pengendalian TB yang mendapat bantuan dana dari USAID dan dilaksanakan oleh Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama.