Hari Ginjal Sedunia, Jangan Sampai Obesitas!

March 14, 2017 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


ginjal-bengkak

Setiap tanggal 9 Maret, dunia memperingati Hari Ginjal Internasional. Tema besar tahun ini yaitu memerangi faktor risiko kegemukan atau obesitas yang memicu penyakit kronis. Memasuki tahun ke-12 peringatan Hari Ginjal Sedunia menekankan pada jargon “Penyakit Ginjal dan Obesitas”.

Obesitas berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan dan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi. Dua penyakit ini merupakan faktor risiko tertinggi penyakit ginjal kronik.

“Karena itu peringatan Hari Ginjal Sedunia tahun ini berfokus pada edukasi tentang risiko obesitas dan hubungannya dengan penyakit ginjal,” kata Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dalam Konferensi Pers Hari Ginjal Sedunia di Jakarta, Rabu (8/3).

Menurut statistik terbaru dari WHO, pada 2014 prevalensi obesitas di dunia telah mencapai lebih dari dua kali lipat dari tahun 1980. Sekitar 600 juta orang dewasa di dunia menderita obesitas, sementara anak-anak di bawah 5 tahun yang mempunyai berat badan berlebih dan obesitas mencapai 41 juta orang. Tingginya jumlah penderita obesitas ini menunjukkan tingginya potensi penderita penyakit ginjal kronik di masa depan.

Salah satu langkah utama menghindari penyakit ini adalah dengan mencegah obesitas dan menurunkan berat badan. Cara yang paling efektif adalah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga teratur, banyak beraktivitas fisik, dan pola makan yang sehat.

Jangan bangga dan menganggap anak-anak dengan tubuh gemuk itu lucu. Sebab justru dengan kelebihan beeat badan membuat mereka menjadi obesitas dan rentan terhadap penyakit di masa tumbuh kembang dan yang akan datang.

“Membiasakan anak-anak untuk bergaya hidup sehat juga dapat membantu mencegah kelebihan berat badan yang tak terkontrol yang dapat memicu obesitas saat dewasa,” ungkap Dharmeizar