Hari Kesehatan Sedunia 2021

Hari Kesehatan Sedunia 2021

7 April 2021 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


hari kesehatan sedunia

Hari Kesehatan Sedunia atau World Health Day 2021 diperingati setiap tanggal 7 April. Hari Kesehatan Dunia diperingati setelah diadakannya First Health Assembly pada 1948 dan ditetapkan sebagai hari internasional pada tahun 1950. Tujuan diadakannya Hari Kesehatan Sedunia adalah untuk menciptakan kesadaran tentang tema kesehatan tertentu dan menyoroti bidang prioritas yang menjadi perhatian Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO). Selama 50 tahun terakhir, hari ini telah menyoroti masalah kesehatan penting seperti kesehatan mental, perawatan ibu dan anak, serta perubahan iklim. Peringatan ini ditandai dengan kegiatan yang dilakukan tidak hanya hari ini, tapi setahun ke depan dan berfungsi sebagai kesempatan untuk memusatkan perhatian dunia pada aspek penting kesehatan global.

Tema Hari Kesehatan Dunia 2021

Tema Hari Kesehatan Sedunia 2021 adalah “Building a fairer, healthier world for everyone” atau membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat untuk semua orang. Dalam beberapa tahun terakhir, negara-negara di Pasifik Barat telah mengalami pertumbuhan ekonomi, migrasi, dan urbanisasi yang pesat. Ini menciptakan peluang untuk kehidupan yang lebih baik bagi banyak orang, tetapi meninggalkan yang lain. Pandemi COVID-19 telah melemahkan peningkatan kesehatan baru-baru ini, mendorong lebih banyak orang ke dalam kemiskinan dan kerawanan pangan, dan memperburuk ketidaksetaraan gender, sosial dan kesehatan. “Di Hari Kesehatan Dunia ini, kami menyerukan tindakan untuk menghilangkan ketidakadilan kesehatan, sebagai bagian dari kampanye global selama setahun untuk menyatukan orang-orang membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat,” tulis WHO. Kampanye tersebut menyoroti prinsip konstitusional WHO yaitu “bisa menikmati standar kesehatan tertinggi adalah salah satu hak dasar setiap manusia tanpa membedakan ras, agama, keyakinan politik, kondisi ekonomi atau sosial”. Menurut WHO, kondisi dunia saat ini masih tidak setara. Wilayah tempat kita tinggal, bekerja dan bermain mungkin mempersulit beberapa orang untuk mencapai standar kesehatan mereka, sementara yang lain bisa mencapainya. Kesenjangan kesehatan bukan hanya tidak adil, tetapi juga mengancam kemajuan yang terjadi hingga saat ini, dan berpotensi memperlebar kesenjangan ekuitas. Ketimpangan kesehatan dapat dicegah dengan strategi yang lebih memperhatikan peningkatan pemerataan kesehatan, terutama bagi kelompok yang paling rentan dan terpinggirkan.

Cara Merayakan Hari Kesehatan Dunia 2021

Sejak awal, masalah kesehatan dan akses ke perawatan kesehatan telah dikampanyekan oleh orang-orang di seluruh dunia pada Hari Kesehatan Dunia. WHO tema yang berbeda setiap tahun yang biasanya akan dipaparkan di sekolah, seminar, lokakarya, dan forum diskusi. Hari ini dibuat untuk menciptakan kesadaran akan masalah kesehatan bagi yang membutuhkan dan kurang beruntung di daerah miskin di seluruh dunia, serta mengingatkan kita untuk bersyukur atas kesehatan kita dan untuk lebih menjaga diri kita sendiri. Pada hari ini, biasanya orang-orang akan mengadakan kegiatan luar ruangan seperti hiking dan bersepeda, serta kegiatan amal dan penggalangan dana. Kesehatan mental seringkali paling diabaikan dan, karena gaya hidup saat ini yang penuh tekanan, itu sangat penting saat ini. Jadi mediasi dan terapi sangat dianjurkan pada hari ini. Ada beberapa cara lain untuk merayakan Hari Kesehatan Sedunia 2021, seperti dilansir National Today berikut ini. 1. Buat diskusi di komunitas Anda WHO menawarkan perangkat informasi gratis untuk penyelenggara diskusi. Anda bisa menggelar diskusi online atau percakapan ringan tentang hari kesehatan di komunitas Anda. 2. Baca tema Hari Kesehatan Dunia tahun-tahun sebelumnya Dengan lebih dari 50 tahun hari kesehatan, Anda mungkin mempelajari sesuatu yang menarik dan relevan bahkan dari informasi-informasi lama. 3. Ucapkan terima kasih pada para tenaga kesehatan Hari Kesehatan Dunia juga difokuskan pada para tenaga kesehatan, jadi pastikan untuk berterima kasih kepada mereka, bisa dengan memberi bunga, twit, atau sikap baik lainnya.

sumber : tirto.id