Hari Kesehatan Nasional 2016

Hari Kesehatan Nasional 2016

14 November 2016 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Hari kesehatan Nasional

Upaya promotif dan preventif merupakan salah satu cara efektif untuk menurunkan angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Penyakit Menular (PM).  Upaya tersebut bergantung pada perilaku individu yang turut didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat yang melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) setiap tahun diperingati pada tanggal 12 November. Sejak diresmikan tahun 1964, HKN menjadi momentum untuk melakukan pendidikan kesehatan sebagai salah satu upaya promosi kesehatan. Peringatan HKN bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya menjaga kesehatan.

Dilaporkan bahwa kesakitan dan kematian akibat penyakit menular (PM) semakin menurun, prevalensi penyakit secara umum masih cukup tinggi. Periode 1990-2015, pola kematian akibat PTM semakin meningkat (37% menjadi 57%), akibat PM menurun (56% menjadi 38%) dan akibat kecelakaan akan meningkat (7% menjadi 13%), dan tren ini kemungkinan akan berlanjut seiring dengan perubahan perilaku hidup (pola makan dengan gizi tidak seimbang, kurang aktivias fsik, merokok, dll).

Meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar. Selain itu, kasus PTM juga menyebabkan hilangnya potensi/modal sumber daya manusia dan menurunnya produktivitas (productivity loss) yang pada akhirnya akan mempengaruhi pembangunan sosial dan ekonomi.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2016, Kementerian Kesehatan mengambil tema “Indonesia Cinta Sehat” dengan sub tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat.” Tema tersebut diambil mengingat pentingnya mengedukasi masyarakat agar berperilaku sehat, mengajak masyarakat membiasakan hidup sehat, dan memberikan tanggung jawab menjaga diri sendiri, keluarga, dan lingkungannya untuk hidup sehat melalui upaya preventif dan promotif.

Adapun Pesan pendukung yang ingin disampaikan pada HKN ke 52 tahun 2016 adalah :

1. Lakukan aktiftas fisik secara teratur
2. Konsumsi sayur dan buah setiap hari, agar badan sehat
3. Cek kesehatan secara rutin
4. Jaga kebersihan lingkungan untuk kesehatan
5. Makan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang