HBDI 109: IDI Cab Kota Metro Gelar Pengobatan Gratis dan Dialog Interaktif

23 May 2017 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


IDI Metro edit 2

Walikota Metro Achmad Pairin membuka  acara memperingati Hari Bakti Dokter lndonesia (HBDI) di Kota Metro Ke-109, yang berlangsung di Taman Merdeka, Minggu (21/05/2017).

Acara ini dihadiri Walikota Metro Achmad Pairin, Wakil Walikota Metro Djohan, Sekda Kota Metro A. Nasir, Ketua  Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Lampung Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes, Ketua IDI Cab Metro dr Agung Budi Prasetiyono SpPD ,Seluruh Anggota lDI se-Kota Metro, Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kota Metro, dan Masyarakat Kota Metro.

Ketua IDI Metro Dr Agung Budi Prasetiyono dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih atas peran serta kepada Bapak Walikota dan seluruh unsur Pemerintah Kota Metro, yang telah mendukung setiap kegiatan dari lDl Kota Metro, terutama untuk peningkatan pelayanan kesehatan Kota Metro.

“Pada hari ini kita memperingati Hari Bakti Dokter lndonesia (HBDI), yang  tidak lepas dari hari kebangkitan nasional pada tanggal 21 Mei. Bersamaan juga dengan berdirinya Organisasi Budi Utomo pada tanggal 20 tahun 1908 oleh Dr Cipto Mangunkusumo, yang dilahirkan untuk mengabdi kepada bangsa. Organisasi Budi Utomo juga bertujuan untuk mensejahterakan rakyat yang beranggotakan para dokter yang sekolah di kedokteran stovia,’’  ujar dr Agung Budi Prasetiyono.

“Pada kesempatan yang baik ini, kegiatan ini bertemakan dengan nafas Budi Utomo yaitu, dokter untuk bangsa, berdaulat untuk masyarakat, menciptakan generasi yang cerdas. Kami anggota lDl Kota metro bertekat untuk bebas narkoba dan ikut peran serta memerangi narkoba. Serta mendukung program-program sejalan dengan gerakan masyarakat sehat yang telah dicanangkan oleh menteri kesehatan Kota Metro. Dan kami berharap peran serta dari masyarakat Kota Metro,” tambahnya.

Dr. dr. Asep Sukohar, M.Kes, menambahkan HBDI adalah serangkaian kegiatan yang dimulai dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 21 Mei. Dimana  tugas dokter bukan hanya pelayanan, akan tetapi dipendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

Walikota Metro Achmad Pairin dalam sambutanya menyampaikan apresiasi, kepada para dokter di Kota Metro yang berjumlah 126 dokter. “Saya selaku masyarakat dan Pemerintah Kota Metro, percaya sepenuhnya kepada para dokter di Kota Metro, akan masalah kesehatan,” ucapnya.

“Untuk menuju sehat ada beberapa komponen masalah, yaitu masalah kesehatan, lingkungan dan masyarakat. Tetapi semua tidak akan terwujud, kalau tidak dikendalikan oleh dokter-dokter yang ada di Indonesia, termasuk di Kota Metro baik dalam pelayanan di Rumah Sakit Negeri, Rumah Sakit Swasta, maupun pelayanan-pelayanan secara praktek pribadi,” tutup Achmad Pairin.