HBDI Ke-111 IDI Cabang Pasaman Sumatera Barat

HBDI Ke-111 IDI Cabang Pasaman Sumatera Barat

22 October 2019 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


IDI Pasaman3

            IDI Pasaman dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia Ke-111 melaksanakan serangkaian kegiatan berupa donor darah, seminar awam dan ilmiah serta ditutup dengan bakti sosial di Musus, Nagari Ganggo Hilia, Bonjol. Pada tahun ini IDI mengangkat tema IDI Menyehatkan Bangsa sebagai penguatan peran sentral organisasi profesi khususnya dokter dalam dunia kesehatan.

            Pada hari Rabu, 9 Oktober 2019 rangkaian acara HBDI dimulai dengan donor darah massal oleh segenap anggota IDI dan masyarakat Pasaman. Acara ini dilaksanakan di Unit Transfusi Darah RSUD Lubuk Sikaping. Diharapkan pendonor yang berpartisipasi dapat menjadi pendonor rutin sehingga permasalahan kekurangan ketersediaan darah di Pasaman dapat ditanggulangi

            Seminar Awam dan Ilmiah dilaksanakan pada Kamis, 10 Oktober 2019 di Gedung Syamsiar Thaib Lubuk Sikaping. Pada acara HBDI tahun 2019, IDI Pasaman mengangkat fokus pembahasan pada Penanggulangan Stunting dan Penyakit Tidak Menular. Acara yang terdiri dari dua sesi ini dibuka langsung oleh Bupati Pasaman Bapak H. Yusuf Lubis, S.H M.Si. Dalam kata sambutan Bupati Pasaman menyampaikan secara kuantitatif kasus stunting di Kabupaten Pesaman masih cukup tinggi. “Stunting ini sudah kita petakan locusnya ada dimana, kemudian latar belakang sosialnya seperti apa,” ujar Bupati.

            Kompleksitas permasalahan stunting memerlukan sinergisitas dari berbagai sektor.  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman dr. Hj. Arnida, M.Mkes memulai seminar awam dengan pemaparan kondisi stunting di Pasaman diikuti dengan materi mengenal dan mencegah stunting oleh dr. Hamdi Sp.A sebagai Ketua IDI Cabang Pasaman.  Pada kesempatan kali ini turut hadir Ketua IDI Wilayah Sumatera Barat, dr. Pom Harry Satria, Sp.OG(K) berbagi tentang mencegah stunting pada masa sebelum dan saat kehamilan. Terlaksananya seminar awam diharapkan menjadi sarana edukasi masyarakat umum terutama perangkat nagari sebagai pemangku kebijakan terkecil di masyarakat.

            Setelah seminar awam dilanjutkan dengan seminar ilmiah. Acara ini dihadiri oleh 280 peserta dokter, bidan dan perawat guna meningkatkan wawasan ilmiah dalam dunia kedokteran terkini. Seminar ilmiah difokuskan pada pembahasan penyakit tidak menular oleh dokter-dokter spesialis di lingkungan RSUD Lubuk Sikaping.

            Rangkaian acara Hari Bakti Dokter Indonesia ke-111 ditutup dengan Bakti Sosial pada tanggal 12 Oktober 2019 di Musus, Nagari Ganggo Hilia, Bonjol. Acara dimulai dengan penyuluhan kesehatan tentang Hipertensi, Stroke dan TB Paru oleh dokter-dokter spesialis. Dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, pengobatan dan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil dan balita.