Jumpa Pers Acara Pencanangan HBDI ke -106

20 May 2014 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Jumpa Pers Acara Pencanangan HBDI ke -106

DSC_2032 editDi usia Hari Kebangkitan Nasional ke-100 pada 2008, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencanangkan agar para dokter di seluruh Indonesia untuk menyampaikan baktinya di Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI). Dulu, para dokter itu diharapkan untuk mengadakan pembebasan jasa medik di HBDI ini. Namun, sejak Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) diberlakukan, hal itu tak perlu lagi dilakukan.

“Sejak JKN, semua biaya pengobatan sudah ditanggung Pemerintah. Jadi, dokter-dokter ini tak perlu lagi mengadakan pembebasan jasa medik,” kata Ketua Umum PB IDI – Dr. Zaenal Abidin, MH kepada para wartawan di Gedung Sekretariat PB IDI Jl. Samratulangi 29 Jakarta

Di tahun ini, lanjut Zaenal, IDI menyampaikan pada keseluruhan anggotanya untuk tetap memberikan pengabdiannya dalam bentuk yang lain. “Mau donor darah, silakan. Mau ke ke panti jompo atau apa saja, silakan,” kata dia menambahkan.

Rencananya, program ini akan berakhir pada 24 Oktober 2014 yang bertepatan dengan Ulang Tahun IDI.

Tahun ini tema yang diangkat untuk HBDI adalah `Dokter Untuk Bangsa: Mewujudkan Indonesia Sehat yang Berdaulat`. Tema ini diangkat karena IDI merasa bahwa sektor kesehatan yang selama diangkat hanya menjadi `aksesoris` saja. Padahal, masalah kesehatan adalah masalah yang justru akan membuat Indonesia semakin baik di mata penduduknya sendiri dan negara luar.

Sementara itu Ketua Panitia HBDI, Dr. Prasetyo Widhi, SpPD, menyampaikan juga  kegiatan yang akan dilaksanakan pada acara HBDI, diantaranya rangkaian kegiatannya  :  Pertama, Pencanangan Gerakan Nasional Donor Darah dan Seminar Awam. Kedua mengadakan Workshop INA CBGs + Lokakarya kesehatan daerah. Ketiga Penanaman Pohon Di Sentul — IDI Go Green. Keempat, menyelenggarakan INDOMEDICA EXPO, kelima DOKTER KECIL AWARD dan keenam DIALOG Dengan Tokoh Bangsa. Ketujuh, akan menerbitkan  Buku tentang “Profil Dokter Indonesia”. Kedelapan mengadakan Kampanye “Etika dan Sumpah Dokter Indonesia ” , melalui booklet/ pamflet/booklet meja ( Target : mengingatkan  kepada para  dokter ). Kesembilan akan menerbitkan juga Buku “Dokter Untuk Bangsa, Pengabdi Dan Pelayan Rakyat”.  Kesepuluh peduli dan dekat dengan Rakyat yaitu melakukan Infaq Profesi dan Beasiswa untuk calon dokter : Bakti Dokter Indonesia. Kesebelas menyelenggarakan Kampanye Kesehatan oleh Dokter Indonesia Berwawasan Kebangsaan, yaitu  - Terkait HIV AIDS, Rokok dan Narkoba.

Selain itu ada kegiatan tambahan yaitu menyerahkan bingkisan untuk Penyemir Sepatu (rekomendasi kegiatan tambahan ).Diantaranya sejumlah 75 orang akan diberikan paket tas  yang akan dilaksanakan di  di taman puring mayestik ‘ pada tanggal 26 Mei 2014.

Turut juga berbicara dari Sekjen Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) – Saudara Rais Reskiawan, S.Ked dan hadir juga beberapa pengurus PB IDI – Dr. Warsito, MM, Dr. Mahesa Paranadipa, MH, Dr. Rosita Rivai dan pengurus lainnya.