Komite AIDS IDI Melaunching Buku “Inikah HIV”

Komite AIDS IDI Melaunching Buku “Inikah HIV”

11 October 2013 | Posted in Berita, berita-lengkap, Kegiatan, kegiatan-nasional


IMG_5450 edit

Program bersama PBB untuk HIV/AIDS (UNAIDS) dan WHO memperkirakan, sekitar 4.9 juta orang hidup dengan HIV di Asia pada tahun 2007, termasuk 440.000 yang baru terinfeksi pada tahun terakhir. Diwilayah Pasifik, diperkirakan 75.000 orang hidup dengan virus ini dengan 14.000 terinfeksi pada tahun 2007. Pada wilayah ini, Papua Nugini (PNG) memiliki beban penyakit terbesar dengan lebih dari 70% jumlah total dari odha di kawasan Pasifik.

Demikian salah satu isi buku yang di Launching oleh Bidang Penyakit Menular PB IDI yang judul bukunya tentang “Inikah HIV” (buku pegangan petugas kesehatan) yang diselenggarakan pada 10 Oktober 2013 di Gedung PB IDI jl Samratulangi 29 Jakarta.

Dalam acara tersebut diawali dengan sambutan, sambutan pertama disampaikan oleh Dr. Zulrasdi Djairas, SKM (anggota Bidang Kajian Penyakit Menular PB IDI). Ia mengatakan, bahwa dengan terbitnya buku ini, dari bidang penyakit menular menyambut dengan sangat senang sekali . “Sekarang bagaiaman kita mensosialisasikan buku ini dengan baik,” tutur Zulrasdi.

Kemudian sambutan kedua disampaikan oleh perwakilan dari ASHM Internastional Project Officer yaitu Mr Duc Nguyen. Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Ketua Umum PB IDI, Dr. Zaenal Abidin, MH dan sekaligus melaunching buku tersebut yang disaksikan para undangan.

Zaenal mengucapkan banyak terima kasih kepada Komite AIDS IDI karena Komite AIDS sampai saat ini masih sangat produktif. “Karena selama saya menjadi pengurus di PB IDI ini sudah banyak yang dihasilkan oleh Komisi AIDS,” tutur Zaenal.

Zaenal juga mengharapkan, mudah-mudahan buku yang baru diterbitkan ini dapat bermanfaat bagi seluruh dokter. “Kadang-kadang saya berfikir  buku yang diterbitkan apakah bermanfaat untuk dokter atau tidak, oleh karena itu kedepannya kita harus menerbitkan buku yang sesuai dengan keinginan dokter, agar dapat dibaca,” ujar Zaeral berharap.

Selanjutnya dilanjutkan dengan penjelasan tentang isi buku dan pendistribusian buku yang di paparkan oleh Dr. Dyah Agustina W. Dalam penjelasannya salah satunya Dyah mengatakan, bahwa buku ini terbit berkat kerjasama IDI dengan ASHM, dan tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan para dokter di bidang penanganan HIV/AIDS. Secara tidak langsung diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan dokter dalam mendiagnosis dan tata laksana HIV/AIDS serta penyakit oportunistik.

Buku ini juga akan di distribusikan ke IDI Cabang ke seluruh Indonesia, ke Puskesmas atau RS yang menangani HIV/AIDS dan Adiksi serta perhimpunan di bawah IDI.

Acara terakhir ditutup dengan pemaparan dan Diskusi tentang “Infeksi Oportunistik pada HIV/AIDS (Permasalahan Diagnostik di Lapangan) oleh Prof. DR. Dr. Samsuridjal Djauzi, SpPD, KAI (K) yang moderator oleh Dr. Pandu Riono, MPH, PhD.