KPK Waspadai Kerawanan Korupsi Sektor Kesehatan

KPK Waspadai Kerawanan Korupsi Sektor Kesehatan

7 February 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Gedung KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi mewaspadai kerawanan korupsi pada sektor kesehatan, salah sektor yang juga menjadi fokus lembaga anti korupsi ini.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Laode M Syarif menyatakan bahwa lembaganya mewaspadai kerawanan potensi korupsi di sektor kesehatan.

“Sektor kesehatan juga menjadi salah satu fokus kerja KPK. Terkait kerawanan potensi korupsi dalam pengelolaan dana kapitasi telah dikaji KPK sejak 2015,” kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif disela konferensi pers penetapan Bupati Jombang sebagai tersangka suap di gedung KPK, Jakarta, Minggu.

Menurut Syarif, KPK menemukan sejumlah kelemahan sehingga sektor kesehatan menjadi rawan korupsi.

“Efektivitas dana kapitasi dalam meningkatkan mutu layanan juga masih rendah. Padahal dana yang disalurkan sangat besar, yaitu hampir Rp8 triliun pertahun. Salah satunya, karena tidak adanya alat pengawasan dan pengendalian dana kapitasi,” tuturnya.

Saat ini, kata dia, terdapat 18 ribu fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) di seluruh Indonesia dengan rata-rata pengelolaan dana kapitasi senilai sekitar Rp400 juta pertahun tiap FKTP.

Sumber : antaranews.com