Masih Kekurangan Dokter Spesialis Kab Merangin Jambi

Masih Kekurangan Dokter Spesialis Kab Merangin Jambi

12 February 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


dokter 4

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merangin Solahuddin, mengakui saat ini Merangin masih kekurangan dokter spesialis. Setidaknya ada tiga dokter spesialis yang perlu ditambah dalam waktu dekat, yaitu dokter spesialis mata, dokter spesialis syaraf dan dokter spesialis jantung.

“Untuk dokter spesialis belum lengkap semua, sementara rumah sakit daerah kita membutuhkan tenaga tersebut,” katanya, Rabu (7/2).

Sebenarnya untuk mendatangkan seorang dokter spesialis bukan perkara mudah, karena untuk satu orang dokter saja pihaknya harus bersaing dengan rumah sakit lain.

Selain itu, dokter spesialis di universitas yang tidak banyak. Kabupaten Merangin, masih dianggap asing dijadikan tempat bekerja bagi seorang dokter sepesilis. “Karena memang tidak mudah. Sebab untuk satu angkatan saja dokter spesialis itu hanya ada dua sampai tiga orang saja. Sementara yang membutuhkan banyak, rumah sakit lain juga menginginkan,”sambungnya.

Dia meminta sebaiknya, pemerintah provinsi memperhatikan kebutuhan tenaga medis di Kabupaten Merangin. Agar pasien yang datang ke rumah sakit daerah Merangin tidak perlu di rujuk keluar daerah.  “Kalau ada pasien datang dengan vonis penyakit seperti itu, terkadang kita harus merujuk ke rumah sakit luar daerah,” ungkapnya.

Kekurangan dokter spesialis tidak hanya di daerah Merangin saja, tapi juga dialami oleh daerah lainnya di Provinsi Jambi. Hal itu dikarenakan, banyak dokter spesialis yang berinisiatif untuk membuka praktek sendiri di tempatnya. ”Kalau disekolahkan pemerintah, mereka malah memilih di luar Kabupaten Merangin prakteknya,” tandasnya.

Sementara untuk dokter umum sendiri sudah sangat mencukupi dan dalam waktu dekat pemerintah daerah akan memetakan di kecamatan mana saja mereka akan di tugaskan.