Laporan Posko Bakti Kesehatan IDI Cab Kota Bekasi dan Kab Bekasi

Laporan Posko Bakti Kesehatan IDI Cab Kota Bekasi dan Kab Bekasi

15 August 2013 | Posted in berita-lengkap, news-nasional


Photo (22) edit

Mudik Lebaran merupakan tradisi masyarakat Indonesia yang melibatkan jutaan orang dan setiap tahun cenderung mengalami peningkatan. Kondisi ini tentunya dapat mengakibatkan dampak sosial dan ekonomi yang besar.

Salah satunya yang mengakibatkan dampak sosial adalah dengan adanya banyak terjadi kecelakaan dan banyak dari pemudik yang mengalami gangguan kesehatan seperti pusing, mual (Mabok), ISPA, dan lain-lain.

Melihat hal ini, IDI Cabang Kota Bekasi yang dikoordinatori oleh Dr. Emilya Hartati, MKM telah membuka Posko Bakti Kesehatan Lebaran 2013 di Area Km 19 A Tol Jakarta – Cikampek. Dr. Emilya melaporkan, bahwa kunjungan pasien yang mengalami gangguan kesehatan dari tanggal 2 Agustus sampai 11 Agustus sebanyak 320 pasien.

Diantaranya dari 320 pasien berasal dari beberapa daerah yaitu Jakarta, Bogor, Tanggerang, Bekasi, Banten, Sumatera dan Kalimantan yang akan menuju kea rah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali.

Dilaporkan juga untuk dokter yang jaga yaitu Dr. Agung Cahyono, Dr. Rudolf Nur Hidayat, Dr. Fuad, Dr. Kamarudin Askar, Dr. Ihsan As, Dr. Fikri Firdaus, Dr. Emilya Hartati, Dr. Putu Sugiatha, Dr. Irwan Hariyanto, dan Dr. Yanuar Butar-Butar.

Sementara itu dari Posko Kab Bekasi yang dikoordinatori oleh Dr. M Iman Prasetyo, MARS dari Posko Bakti Kesehatan Lebaran 2013 di Rest Area Km 57 melaporkan juga masalah gangguan kesehatan yang dialami oleh pasien, diantaranya gangguan ISPA (28), Cephalgia (15), Myalgia (13), Dyspepsia (13), Fatique (7), Enteritis (7), Mabok (6), Vulnus Laceratum (5), Gastritis (3), Stomatitis (3), ISK (3), dan Pharyngitis Akut (3).

Sebagai petugas jaga antara lain, Dr. Theresia Sihotang, Dr. Noveri Sanja T Simbolon, Dr. Yeni, Dr. Taufan Gunawan, Dr. Lia Narulitcha, Dr. Andreas Andri DWW, Dr. Ferry Parluhutan, Dr. Antoni, Dr. Sena Arifin, Dr. Mega Ayu, Dr. Denny Timora dan Dr. Uno Surgery Erwin.