PB IDI dan WMA Council Meeting

PB IDI dan WMA Council Meeting

6 May 2014 | Posted in Berita, berita-lengkap, Internasional, news-nasional


PB IDI dan WMA Council Meeting

IMG_5560 editAsosiasi Kedokteran Dunia (World Medical Association/WMA) baru saja mengadakan pertemuan pada tanggal 24 sampai 26 April 2014 di Jepang.  WMA yang saat ini dipimpin oleh Dr. Margaret Mungherera dari Negara Uganda ini, merupakan pertemuan yang ke-197, dan secara rutin diadakan pertemuan tiga kali selama setahun.

Dalam hal ini Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) turut hadir dalam pertemuan tersebut. Diantaranya yang hadir Ketua Umum PB IDI, Dr. Zaenal Abidin, MH, Wakil Ketua PB IDI, Prof. Dr. I.O. Marsis, SpOG (K) dan Dr. Ihsan Oetama, SpOG.

Selama tiga hari tersebut Dewan Council yang hadir sebanyak 24 negara. Isu kesehatan dunia yang menjadi topik bahasan pada pertemuan selama tiga hari itu di antaranya mengenai sosio-medis, kode etik kesehatan, anggaran dan perencanaan, serta sidang Dewan WMA.

Issu kebijakan yang dibahas, diantaranya, untuk melaksanakan kampanye Anti Tembakau dan Hak-Hak Dokter untuk mengadakan unjuk rasa.

Rencananya ke depan Indonesia akan mengajukan kembali calon sebagai Ketua WMA pada tahun 2016, yang sebelumnya pada tahun 1996 Indonesia telah terpilih menjadi Ketua Umum WMA yang saat itu dijabat oleh Alm Prof. DR. Dr. Azrul Azwar, MPH.