PB IDI Turut Hadir Dalam Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI

PB IDI Turut Hadir Dalam Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI

22 June 2017 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Rapat Klaster 2

Pada tanggal 20 Juni 2017 Kementerian Kesehatan RI Sekretariat Jenderal dengan Pusat Krisisnya menyelenggarakan pertemuan Koordinasi Sub Klaster Pelayanan Kesehatan yang bertempat di Hotel Park Lane Jakarta.

Dari Pengurus Besar IDI yang hadir Dr. Iqbal El Mubarak sebagai Komite Nasional Pengabdian Profesi dan Tanggap Darurat Bencana PB IDI.

Hasil dari pertemuan tersebut disimpulkan bahwa ada beberapa kendala yang dialami Pusat Krisis Kesehatan Kemkes selama ini antara lain : pertama, Publik Safety Center (PSC) 119 dalam melakukan medikal evakuasi via pesawat terbang masih terkandala persoalan biaya yang mahal. Masukan dari Kapuskes TNI bahwa pergunakan fasilitas transportasi udara TNI,karena transportasi udara TNI milik rakyat yang bisa dipergunakan.

Kedua, Guideline tentang Emergency Medical Team (EMT) yang merupakan turunan dari WHO harus dibuat terlebih dahulu, lalu kemudian nanti disiapkan SDM nya. Agar tidak lagi terjadi penolakan tenaga medis Indonesia di bencana internasional dikarenakan belum terstandarisasi.

Ketiga, segera dibuat aturan yg menegaskan bahwa NGO yan pergi ke Internasional yang mengatasnamakan Indonesia harus melapor terlebih dahulu ke pemerintah yang bersangkutan.

Rapat konsolidasi sub sektor kesehatan ini, harus sering dilakukan guna pemantapan sub sektor kesehatan ketika menghadapi berbagai kegawatdaruratan yang terintegrasi baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

SDM Kesehatan Indonesia sudah mumpuni dalam partisipasi di kebencanaan, akan tetapi yang perlu diperbaiki adalah komunikasi efektif,agar tidak ada lagi yang berjalan hanya sektoral akan tetapi universal.