Pelantikan PB IDI Periode 2018 – 2021, Dr. Daeng M Faqih, SH MH sebagai Ketua Umum

Pelantikan PB IDI Periode 2018 – 2021, Dr. Daeng M Faqih, SH MH sebagai Ketua Umum

10 December 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


DSC_0703

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melantik kepengurusan baru periode 2018-2021 yang diketuai Dr Daeng M Faqih, SH, MH. Dalam kepengurusan ini, PB IDI membentuk lembaga penelitian yang bekerja sama dengan PT Kalbe Farma Tbk.

“Kita ingin punya ahli dalam bidang teknologi untuk meningkatkan daya saing dengan negara lain. Saat ini masuh ada celah ketertinggalan antara Indonesia dengan negara lain. Kalau celah ini tidak diatasi, kita akan kalah dalam kompetisi,” kata dr Daeng pada detikHealth, Sabtu (08/12/2018).

Lembaga penelitian juga bertujuan meningkatkan inovasi dan kompetensi pelayanan kedokteran di Indonesia. Selain itu, segala riset yang dilakukan lembaga diupayakan bisa menjadi dasar pengambilan keputusan di sektor kesehatan. Dengan tujuan ini, dr Daeng berharap marwah kedokteran Indonesia bisa terangkat.

Sebelum dr Daeng, pucuk pimpinan PB IDI dipegang Prof. Dr. Ilham Oetama Marsis, Sp.OG (K) untuk periode 2015-2018. Prof Marsis ikut dalam Tim Pemeriksaan Kesehatan Calon Presiden dan Wakil Presiden tahun 2018.

IDI di masa pendudukan Belanda adalah lembaga Vereniging Van Indonesische Geneeskundigen (VIG) yang diketuai dr Bahder Djohan. Di masa itu VIG bertujuan menyuarakan pendapat dokter yang masa itu terdiri atas pribumi dan Belanda. Pendapat tersebut diharapkan bisa menyamakan kedudukan dan kualitas dokter dari Belanda dan Indonesia.

Sumber : detikhelth.com