Peringati HBDI Ke-110 : IDI Cab Kab Tanahdatar, Pelayanan Gratis

Peringati HBDI Ke-110 : IDI Cab Kab Tanahdatar, Pelayanan Gratis

9 May 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


HBDI IDI Tanah Datar

Peringati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) ke-110, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Tanahdatar berikan pelayanan kesehatan gratis kepada ratusan penyandang disabilitas didaerah tersebut. Kegiatan yang dilksanakan di Gazebo Indojolito Batusangkar dibuka langsung Bupati Tanahdatar Irdinansyah Tarmizi, Kamis (03/05).

Ketua IDI Tanahdatar, dr. Orijhon menyampaikan kegiatan HBDI ini merupakan rangkaian dari peringatan HBDI ke-110, yang mana salah kegiatan utamanya nanti memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat disabilitas yang dilaksanakan serentak di 18 cabang IDI yang ada di Sumatera Barat.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan dr. Nedi Hidayat mengatakan kegiatan tersebut dikuti ratusan disabilitas yang ada di Kabupaten Tanahdatar mulai dari usia 4-28 tahun. Dimana seluruh kegiatan mulai dari penyuluhan hingga layanan kesehatan dibrikan secara gratis.

“Kegiatan penyuluhan dan layanan kesehatan gratis dilaksanakn secara serentak di Sumbar dalam rangka pemecahan rekor MURI dengan tema “Dokter Indonesia Peduli Disabilitas,”katanya.

HBDI ke-110 Cabang Tanahdatar pun mendapat apresiasi dari orang no.1 di Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi menyebut layanan kesehatan yang melibatkan puluhan dokter ini sangat brmanfaat bagi penyandang disabilitas.

“Kegitan ini sangat membantu, diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat semaksimal mungkin khusnya penyandang disabilitas. Terimakasih kepada IDI dan semua pihak yang ikut menyukseskan kegiatan ini. Saya berharap para dokter dapat memberi pelayanan kepada masyarakat dengan ikhlas dan tulus,” harap Bupati.

Ia pun juga menginstruksi agar Dinas Kesehatan juga dapat melakukan kunjungan rutin ke sekolah penyandang Disabilitas untuk mengontrol kesehatan ”kepada dokter diharapkan lakukan kunjungan satu kali dalam sebelum ke sekolah penyandang disabilitas,” haranya.

Bupati menambahkan, Pemda Tanahdatar juga sudah meluncurkan program Gerakan Peduli Sehat (Geliat) di awal tahun 2017, untuk menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera.

“Pada program tersebut pemerintah daerah menargetkan tidak ada pasien yang tidak terlayani, bila perlu tenaga kesehatan akan lakukan jemput bola ke rumah pasien,” ungkap Bupati.