Primer Koperasi IDI Bekerjasama dengan Telkomsel Membuka Aplikasi Hello Doctor

Primer Koperasi IDI Bekerjasama dengan Telkomsel Membuka Aplikasi Hello Doctor

30 April 2014 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Primer Koperasi  IDI Bekerjasama dengan Telkomsel Membuka Aplikasi Hello Doctor

DSC_1712 edit“Kemitraan IDI dalam hal ini Primer Koperasi IDI dengan hello doctornya tentu sangat membanggakan dan sangat diharapkan oleh kita semua. Aplikasi ini baru pertama kali di Indonesia. Kami berharap, bahwa ini bisa dijadikan sebagai media komunikasi antara dokter  dengan masyarakat terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan di tengah masyarakat,” ujar Ketua Umum PB IDI dalam sambutannya dalam acara jumpa pers hello doctor yang bekerja sama dengan Telkomsel pada tanggal 29 April 2014 di Jakarta.

Demi memudahkan akses informasi masyarakat terkait kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) berkolaborasi dengan Telkomsel meluncurkan aplikasi mobile ‘Hello Doctor’ yang dapat diakses masyarakat dengan mudah.

“Kita ketahui kondisi geografis Indonesia di banyak tempat membuat masyarakat banyak kesulitan akses dan berkomunikasi dengan dokter. Dengan adanya aplikasi ini, kami harap dokter bisa membantu masyarakat agar hidup lebih sehat,” kata Zaenal .

Zaenal mengungkapkan, aplikasi ini akan membantu karena saat ini Indonesia tengah menghadapi pergeseran meningkatnya kasus penyakit dari penyakit menular ke tidak menular. Sehingga perubahan gaya hidup tentu diharapkan dan agar setiap orang bisa berkomunikasi dengan dokter walaupun berada di tempat terpencil.

Sementara itu Menteri Kesehatan Nafiah Mboi yang turut hadir dalam peluncuran aplikasi ini pun berharap dengan aplikasi ini masyarakat Indonesia mau mengubah pola hidupnya yang tidak sehat karena sebagian besar penyakit disebabkan oleh gaya hidup.

“59 persen penyakit di Indonesia disebabkan penyakit tidak menular seperti jantung, stroke, gagal ginjal. Pada Jamkesmas 2013 pemerintah menghabiskan 80 persen biaya untuk penyakit tidak menular. Kalau bisa masyarakat juga dikasi motivasi agar selalu bersih dan sehat dan generasi muda jangan merokok. Biar punya gadet tapi kalau merokok tetap sakit percuma. Smg aplikasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” ungkapnya.

Selain itu Dr. Michael Mol Direktur Medis Hello Doctor dalam penjelasannya kepada wartawan mengatakan, bahwa  semua orang pasti butuh dokter, dengan aplikasi Hello Doctor, masyarakat Indonesia dapat memperoleh informasi kesehatannya kapan pun dan dimana saja.

“Bagaimanapun perkembangan penyakit terus meningkat. Khususnya penyakit yang berkaitan dengan lifestyle seperti diabetes, jantung yang bisa dicegah. Aplikasi ini juga bahan edukasi sehingga dokter dapat membantu orang-orang,” kata Michael

Tidak tanggung-tanggung, Michael mengungkapkan, ada sekitar 200 tenaga medis yang teregistrasi di IDI dan disiapkan untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Keuntungan lainnya, semua akses dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia termasuk dalam menjelaskan kemungkinan penyakit atau menjelaskan diagnosa penyakit.

“Aplikasi ini memberikan kemudahan akses. Dalam 24 jam 7 hari seminggu, dokter siaga yang qualified berada dalam genggaman Anda. Cukup unduh dan ajukan pertanyaan atau keluhan, semua akan dijawab dengan cepat. Inilah yang saya sebut teknologi health care. Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan Indonesia bisa mencegah penyakit dan menurunkan risiko penyakit kronis,” jelasnya.

Penasaran dengan aplikasi ini? Anda bisa mengunduh secara gratis di situs www.hellodoctor.co.id atau melalui SMS dengan cara menekan *500*67# dan ikuti petunjuk di layar ponsel. Aplikasi ini juga menyediakan konten gratis yang diperbaharui setiap hari termasuk akses layanan kesehatan (rujukan) dan saran kesehatan setiap hari.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga merupakan media dalam menjawab pertanyaan Anda seputar kesehatan dalam forum obrolan dokter. Pesan dokter secara langsung akan Anda terima dan sifatnya rahasia. Bila pelanggan masih belum puas dengan jawabannya, dokter juga akan menelepon pelanggan dalam waktu 60 menit.

Bagi Anda yang ingin memiliki aplikasi Hello Doctor melalui Android, Anda bisa mengunduh aplikasi ini melalui url http:/www.hellodoctor.co.id/unduh dan pilih ‘Google Play’ dan ikuti petunjuknya.