Prof. Sjamsuhidajat Ronokusumo Raih Roosseno Award VIII

Prof. Sjamsuhidajat Ronokusumo Raih Roosseno Award VIII

2 July 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Rooseno Award

Tokoh dunia kedokteran Indonesia, Prof. Dr. R. Sjamsuhidajat Ronokusumo Sp.B KBD, FCSi meraih Roosseno Award VIII atas semangat, ketekunan, kesabaran, dan dedikasinya pada bidang ilmu pengetahuan dan ilmu kedokteran.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Prof. Dr. Toeti Heraty N. Roosseno selaku Direktur Utama Biro Oktroi Roosseno di Auditorium Roosseno Plaza, Kemang, Jakarta, pada Sabtu (30/6/2018).

“Saya terkejut menerima penghargaan ini. Lebih-lebih, saya disejajarkan dengan beberapa tokoh Indonesia penerima Roosseno Award sebelumnya, yaitu Prof. B.J. Habibie, Prof. Franz Magnis Suseno, Prof. Wiratman Wangsadinata, dan Prof Saparinah Sadli,” ujar Prof. Sjamsuhidajat dalam pidatonya.

Dalam pidato tersebut, Prof. Sjamsuhidajat menyampaikan pengalamannya sebagai dokter spesialis bedah selama 52 tahun (1959-2011) dan pekerjaan sebagai pendidik kedokteran selama 46 tahun (1974 sampai sekarang).

Salah satu pembahasan yang menarik adalah saat ia memandang masa depan pendidikan kedokteran di Indonesia.

“Bila diminta untuk menuliskan secara singkat tentang pendidikan kedokteran di masa depan, kata kuncinya menurut saya adalah it is always about people and it is always evolving,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pendidikan kedokteran di semua tingkat (undergraduate and postgraduate) memiliki tanggung jawab untuk menjadikan profesi dokter sebagai profesi yang senantiasa mampu menjawab tantangan zaman dan tetap berangkat dari cita-cita luhur untuk menolong sesama.

“Pendidikan kedokteran tidak hanya harus memastikan pencapaian pengetahuan dan keterampilan yang terbaik oleh para dokter dan dokter spesialis, namun juga harus mampu mempersiapkan para dokter untuk menjadi manusia yang siap menerima privilege dan senantiasa humanis, serta profesional,” pungkasnya.

Roosseno Award VIII ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Biro Oktroi Roosseno ke-67 dan peringatan hari kelahiran Prof. Dr. (HC) Ir. Roosseno pada 2 Agustus.

Tahun ini, Dewan Direksi Biro Oktroi Roosseno bersama Dewan Testimonium sepakat menyatakan bahwa Prof. Sjamsuhidajat sebagai penerima Roosseno Award VIII.

Adapun Dewan Testimoni pada Roosseno Award 2018 adalah Prof. Asikin Hanafiah (guru besar kardiologi UI); Prof. Aryono Djuned (guru besar emeritus bedah UI); Prof. Farid A. Moeloek (guru besar obstetri ginekologi dan penyakit kandungan UI); Prof. Sangkot Marzuki (Ketua Akademi Ilmu Pengetahuan Indonesia 2008-2018); dr. Boenjamin Setiawan (Pendiri PT Kalbe Farma); dan Prof. Agus Purwadianto (guru besar forensik dan medikolegal UI).

Sumber: kabare.id