Sampang Masih Kekurangan Dokter

Sampang Masih Kekurangan Dokter

2 November 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


01-Kota Sampang edit

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Sampang, Madura Jawa Timur mengakui di wilayahnya masih kekurangan tenaga dokter, baik dokter spesialis, maupun dokter penyakit dalam.

Ketua IDI Sampang, Dr. Indah Nursusanti mengatakan saat ini jumlah dokter diwilayahnya sebanyak 111 orang. Jumlah tersebut masih kurang jika dibanding dengan kebutuhan di daerahnya. Menurutnya sesuai regulasi, idealnya 1 dokter menangani 5000 penduduk, namun dengan melihat banyaknya jumlah penduduk, Sampang masih banyak membutuhkan tenaga dokter.

“Sebenarnya jumlah dokter sebanyak 111 orang di Sampang, jumlah itu belum cukup maksimal, regulasinya kan 1 dokter untuk 5000 orang, Sampang kan sekian ratusan ribu penduduk, jadi sebenarnya masih kurang,” katanya Rabu (23/10/2018).

Kekurang dokter itu, dikatakannya lebih kepada dokter penyakit dalam yang jumlahnya hanya 1 orang. Pihaknya berharap agar animo masyarakat untuk melamar dokter melewati Tes CPNS tahun ini semakin menggeliat, mengingat kebutuhan dokter merupakan susuatu yang penting untuk melayani masyarakat.

“Tenaga dokter yang kurang di Sampang yakni pada penyakit dalam, mungkin kan sekarang ada rekrutmen CPNS, mudahan geliat masyarakat untuk melakukan mendaftaran sangat antusias, hal iniuntuk penambahan dokter di Sampang,” jelasnya

Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Sampang, Asrul Sani juga mengakui bahwa di daerahnya masih kekurang tenaga dokter. Namun dengan keadaan tersebut, pivaknya tetap mengupayakan agar para dokter yang ada bisa melayani masyarakat dengan maksimal.

“Kalau jumlah Dokter 111 orang, itu secara jumlah memang masih belum mencukupi, namun secara penempatan dokter diwilayah Sampang masih merata, memang harapannya sesuai regulasi yang ada 1 dokter mencover 5.000 penduduk,” ucapnya

Dikatakannya jika di banding dengan tahun lalu, jumlah dokter masih sangat miris, namun saat ini sudah bisa terpenuhi, meskipun jumlahnya masih kurang.

“Kalau dulu memang sangat kekurangan, namun saat ini sudah bisa terpenuhi untuk melayani masyarakat dengan maksimal, karena hingga kini setiap puskesmas ada 2 dan 3 Dokter, dan para dokter itu siap melayani 24 jam,” terangnya

Plt Kepala Dinas Kesehatan ini, berharap di momentum Hari Dokter Nasional (HDN) agar para dokter bisa memaksimalkan kinerjanya terlebih untuk meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat Sampang.

“Harpan saya untuk para dokter, agar lebih meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, dan bagaimanapun juga masyarakat menaruh harapan yang besar bagi para dokter untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakatnya,” harapnya.

Sumber : rri.co.id