Selamat Atas Lulusnya Dr. Sukman Tulus Putra SpA, FACC, FESC dalam Program Doktornya

Selamat Atas Lulusnya Dr. Sukman Tulus Putra SpA, FACC, FESC dalam Program Doktornya

8 October 2013 | Posted in Berita, berita-lengkap, Kegiatan, kegiatan-harian, UCAPAN


Selamat Atas Lulusnya  Dr. Sukman Tulus Putra SpA, FACC, FESC dalam Program DoktornyaDr. Sukman Tulus

Dokter yang selalu dengan perawakan yang sederhana ini cukup dikenal dikalangan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PBIDI), Dialah Sukman Tulus Putra yang walaupun baru menjadi pengurus pada tahun 2006, Ia cukup dikenal karena pergaulannya sangat luas dikalangan sejawat lainnya. Sukman yang lahir di Tulung Salapan Sumatera Selatan ini mengaku awal mengambil kedokteran adalah cita-citanya sejak kecil.

Dalam periode 2003 – 2006 Sukman dipilih untuk menjadi Ketua Dewan Perhimpunan Dokter Seminat (PDSm) PB IDI. Di Akhir tahun 2005 Ia di utus IDI untuk menjadi salah satu delegasi IDI mewakili Indonesia dalam Congres of Medical Association Asean Oceania (CMAAO) di Seoul Korea Selatan.

Sukman sejak lulus menjadi dokter spesialis anak tahun 1987 telah banyak yang dilakukan baik kursus di dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan pernah pada tahun 1990 memperoleh beasiswa dari pemerintah Australia melalui AIDAB (Australian International Development Assistence Beureau) yang sekarang dikenal sebagai AUSAID.

Beberapa tahun kemudian  Sukman mengikuti Program Doktoral dan berhasil mempertahankan disertasinya (2013) berjudul  Deteksi Disfungsi Endotel Vaskular pada Remaja sebagai Penanda Awal Aterosklerosis: Pengaruh Lama Pemberian Air Susu Ibu pada Masa Bayi terhadap Fungsi dan Struktur Vaskular serta Beberapa Faktor Risiko Kardiovaskular Lainnya di hadapan tim penguji.

Kami segenap Staf dan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia mengucapkan selamat atas kelulusan program Doktornya dalam bidang Kedokteran Spesialis Anak Universitas Indonesia, semoga apa yang dihasilkannya dapat diterapkan dalam pendidikan kedokteran di masa depan, amiin.