Tim Medis Bencana IDI Memberikan Pelayanan Kesehatan di Lombok Utara

Tim Medis Bencana IDI Memberikan Pelayanan Kesehatan di Lombok Utara

18 September 2018 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


Presiden editGubernur NTB edit

Pengiriman Emergensi Medical Team (EMT) Komite Nasional Pengabdian Profesi dan Penanggulangan Bencana Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) ke lokasi bencana gempa bumi Lombok dari tanggal 7 – 20 Agustus 2018 yang bertempat di Posko Tanjung, Kabupaten Lombok Utara NTB.

Team Medis yang dipimpin oleh Dr. Muhammad Iqbal Mubarak dan beberapa dokter relawan dari IDI Wilayah, Cabang, dan Perhimpunan yang berjumlah kurang lebih 94 dokter (spesialis dan umum) langsung terjun ke lokasi bencana untuk membantu memberikan pelayanan kesehatan. EMT IDI bukan dari profesi dokter saja, tapi juga terdiri dari tenaga ahli dapur umum, Radio komunikasi handy talk-telpon satelit, Search and Rescue, Teknologi informasi, dan Konsultan rumah hunian sementara.

Dr. Iqbal mengatakan bahwa tujuan tim EMT IDI ini dikirim adalah pertama untuk membantu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lombok, Kedua membantu Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara dalam mengaktifkan kembali Puskesmas dan Pustu, Ketiga membantu seksi pelayanan kesehatan komando penanggulangan darurat bencana  gempa Lombok guna mengoperasikan RSUD Lapangan Darurat di Tanjung yang dibawah pimpinan Letkol.CKM.Dr.Shohibul Hilmi, SpOT dari YONKES 2/YBH/KOSTRAD. Keempat mendirikan Pos Klaster Kesehatan untuk Kabupaten Lombok Utara sebagai pusat data, informasi, koordinasi, dan komunikasi antar relawan kesehatan.

Dr. Iqbal juga sempat memberikan laporan kerja tim medis relawan IDI kepada Gubernur Provinsi NTB dan Presiden Joko Widodo di lokasi bencana.