Tim Tanggap Bencana Banjir PB IDI Buka Posko Kesehatan Laporan 21 Januari 2013

Tim Tanggap Bencana Banjir PB IDI Buka Posko Kesehatan Laporan 21 Januari 2013

22 January 2013 | Posted in Berita, berita-lengkap


Bencana banjir di Indonesia merupakan hal yang tidak asing lagi. Masalah tersebut sudah menjadi ciri khas negeri tercinta ini jika musim hujan datang. Apalagi saat ini sering kita lihat kota-kota besar di Indonesia sudah akrab yang namanya banjir, seperti Ibu Kota Jakarta, Bandung, Makassar dan kota besar yang lainnya.

Dalam menyikapi keadaan bencana banjir di beberapa daerah di Indonesi,Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melakukan Kegiatan pelayanan kesehatandi beberapa tempat, seperti membuka posko kesehatan dan di bantu oleh cabang IDI di masing-masing kota.

Dr. Asturi Putri sebagai Koordinator Tim Tanggap Bencana Ikatan Dokter Indonesia dan anggota tim lainnya seperti Dr Ardiansyah Bahar dan Dr. Ramadanus serta dibantu oleh tim Bakornas LKMI-HMI yaitu Ibu Riannovalia Sumantri, Ssi, Apt dan Nurdiansyah, S.Kep telah membuka beberapa Posko kesehatan.

Untuk Wilayah Jabodetabek, PB IDI juga di bantu beberapa cabang IDI membuka Posko kesehatan ini mulai sejak tanggal 16 januari lalu yaitu : Gereja Koinonia, jalan Matraman Raya, Jatinegara, Musholla Choirul Anam, RW 6, Kp. Pulo, RW 3 Kp dan Daerah Kebun Baru, Jakarta Selatan.

Dr. Asturi juga melaporkan bahwa, jumlah pasien selama 6 hari pelayanan sebanyak 786 pasien. Selain pengobatan dilakukan juga penyuluhan akan pentingnya kebersihan selama masa bencana banjir ini. Jumlah dokter yang membantu selama pelaksanaan kegiatan didukung oleh Bakornas LKMI HMI dengan 16 tenaga dokter yang secara sukarela ikut dalam kegiatan ini.

IDI Wilayah Jakarta telah melakukan distribusi obat ke posko kesehatan IDI Jakarta Utara di Sekolah Permai. Posko kesehatan tersebut di huni oleh 2800 pengungsi. Sebagian besar pengungsi berasal dari pinggiran waduk pluit. Tenaga medis yang membantu sejumlah 9 orang

Untuk IDI Cab Bekasi yaitu daerah Pekayon dan Kelurahan Marga Jaya, Lotte Mart. Kegiatan Posko Cab IDI Bekasi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. setempat.Posko ini mekayani 275 pengungsi untuk kedua tempat tersebut.

IDI wilayah Banten di bantu IDI cabang membuka posko pelayanan yaitu 5 titik sepert Teluknaga, Kab. Tangerang, b. Carenang, Kragilan, Serang dan Koper, Cikande, Serang, seperti Payaranan, Pamarayan, Serang dan  Panimbang, Pandeglang

Pelayanan yang di berikan itu sejak tgl 21 Januari 2013. Masyarakat yang terlayani dalam satu hari adalah 584 pasien. Tim medis merupakan Dokter dari IDI cabang dalam wilayah IDI Banten.

Pola penyakit selama pelayanan terutama di sekitar Jakarta timur adalah: ISPA,  Insfeksi Jamur kulit, Gatritis, Cefalgis, Myalgia, Gigi dan Mulut, Luka benda tajam, Penyakit pada mata dan Penyakit pada telinga.

Selain bantuan pelayanan Kesehatan, PB IDI juga memberikan bantuan Instalasi Penjernihan Air. Bantuan ini Hasil kerjasama dengan LAPI ITB. Mobil penjernih ini saat ini terpasang di kp. Pulo RW 5 Jatinegara  Jakarta Timur dan daerah rawa jati, kalibata Jakarta Selatan. Kemampuan pompa ini sekitar 500rb liter perhari. Dengan kemampuan ini di harapkan kebutuhan air bersih dapat terpenuhi. Dan juga dapat menurunkan tingkat kesakitan akibat kurangnya air bersih ini dan mencegah wabah penyakit menular.

Selain itu, PB IDI juga melakukan kerjasama dengan pihak terkait lainnya, dalam hal logistik obat-obatan yaitu PT. ASKES, BTPN, Kementerian Kesehatan..