Tips Sehat Berhaji

Tips Sehat Berhaji

25 August 2016 | Posted in Berita, berita-lengkap, news-nasional


jamaah haji

Cuaca di Tanah Suci berbeda dengan cuaca di Indonesia. Kelembaban udara di Tanah Suci rendah dengan karakteristik udara yang kering dan panas. Kondisi ni dapat mencetuskan terjadinya iritasi pada saluran pernafasan atas. Terlebih Jemaah banyak melakukan zikir dan berdoa yang kadang-kadang dilafazkan sehingga bisa membuat tenggorokan bertambah kering. Akibatnya, selain memicu batuk, juga bisa membuat pita suara mengalami peradangan sehingga suara menjadi serak. Faktor makanan di Saudi Arabia yang banyak mengandung lemak dan minyak, serta istirahat yang kurang dapat memperburuk kesehatan. Tidak jarang, batuk dan radang tenggorokan ini berlanjut sampai Jemaah kembali ke tanah air.

Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PB PAPDI) cq. Bidang Humas, Publikasi dan Media melalui kegiatan PAPDI Forum senantiasa memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah haji hingga tetap bugar setelah kembali ke tanah air.

Berikut Tips Sehat Selama Berhaji dan Sekembalinya ke Tanah Air

  1. Istirahat
  2. Perbanyak minum air putih, terutama air hangat.
  3. Hindari mengonsumsi makanan berminyak, terlalu panas, dan terlalu dingin.
  4. Segera periksaan kesehatan ke Posko Pelayanan Kesehatan Jemaah Haji.
  5. Sekembalinya ke Tanah Air, jika batuk masih berlanjut dan telah diobati selama dua minggu, sebaiknya lakukan pemeriksaan foto thoraks (foto dada) untuk menilai kondisi paru apakah batuk yang dialami  saat ini disebabkan oleh infeksi atau hanya alergi atau karena asalm lambuh berlebih. Pengobatan yang diberikan  tentu disesuaikan dengan penyebab dari kondisi batuk tersebut. Jika batuk karena  karena infeksi perlu antibiotika, jika karena ada unsur alergi perlu obat anti alergi, jika batuk karena sakit kronis (seperti bronchitis, sinusitis, asma bronkiale) yang kambuh maka penyakit dasarnya harus diobati dan jika karena asam lambung yang berlebihan perlu obat-obat penekan asam lambung.