Pelatihan Dokter Pendamping Jamaah Haji Plus & Umrah

Pelatihan Dokter Pendamping Jamaah Haji Plus & Umrah

27 September 2012 | Posted in berita-lengkap, Kegiatan


Jakarta, bertempat di Hotel Cemara Jl.Wahid Hasyim  Jakarta Pusat, sebanyak 24 peserta mengikuti Pelatihan Pembekalan Kesehatan bagi Dokter Pendamping Jamaah Haji Plus & Umrah. Peserta yang berasal dari berbagai institusi, baik yang akan berangkat mendampingi Haji Plus tahun ini maupun yang Insyaallah akan berangkat di tahun-tahun depan, sangat antusias mengikuti kegiatan. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 27 hingga 28 September 2012.

Kegiatan dibuka oleh Dr.Fauzy Majhur, wakil Sekjen I PB IDI mewakili Ketua Umum PB IDI, menyampaikan  bahwa setiap kegiatan yang menjadikan dokter sebagai peserta, dimana dalam kegiatan itu pula akan diberikan pengetahuan sebagai bentuk pengembangan pendidikan berkelanjutan, seyogyanya melibatkan organisasi profesi. Dokter yang mendampingi jamaah Haji Plus seharusnya dipandang sebagai tenaga profesional yang dibutuhkan oleh biro-biro perjalanan sebagai bentuk tanggungjawab biro perjalanan terhadap jamaah yang diberangkatkannya.

Dalam pelatihan ini, selain hal-hal dasar penanganan yang bersifat darurat, materi pelatihan lebih ditekankan kepada pengetahuan dokter akan tindakan preventif dan promotif agar jamaah dapat melaksanakan ritual ibadah di tanah suci dengan khusyuk tanpa harus dihambat oleh permasalahan kesehatan yang dialami ketika tiba di tanah suci. Pengetahun akan klasifikasi fungsional serta diagnosis fungsional yang diikuti dengan tindakan kuratif sesuai kondisi masing-masing jemaah diperdalam ketika pelatihan.

Kegiatan pelatihan ini tidak hanya berlangsung sekali ini saja, namun akan diselenggarakan beberapa angkatan ke depan, dan akan diusahakan dapat dilakukan di masing-masing daerah agar bisa membantu dokter-dokter di daerah yang memang butuh akan pelatihan ini.

(MP)