Tim PAPDI Cabang Jakarta Raya Aksi Kemanusiaan Peduli Banjir Jakarta

Tim PAPDI Cabang Jakarta Raya Aksi Kemanusiaan Peduli Banjir Jakarta

23 January 2013 | Posted in berita-lengkap, Kegiatan


Pemerintah sudah menetapkan Jakarta dalam keadaan Tanggap Darurat, saat ini kondisi banjir juga belum surut dibeberapa lokasi. Berbagai upaya harus dilakukan untuk menyelamatkan korban banjir baik dalam bentuk evakuasi korban banjir maupun penanganan pengungsi. “Tujuan  kita mengurangi dampak bencana bagi para pengungsi baik untuk angka kesakitan maupun kematian. Makan, minum dan lokasi pengungsian yang memadai harus diupayakan. Masalah kesehatan lingkungan sekitar tempat pengungsian juga harus menjadi perhatian,” tutur DR. Dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM FACP Wakil Ketua PAPDI Medical Relief & PAPDI Cabang Jakarta Raya dalam acara Pengobatan Gratis dan Penyuluhan Kesehatan Pasca Banjir yang diadakan di lokasi bencana bertempat di Daerah Kampung Muara Tanjung Barat, Kec . Jagakarsa, Jakarta Sealatan pada hari Minggu 20 Januari 2013.

Selain memberikan pengobatan gratis, PAPDI juga memberikan Sembako dan obat-obatan serta alat pengaman kebersihan seperti sepatu Bot dan Plastik untuk tempat sampah. Pengobatan dengan 200 pasien tersebut dilakukan di dua lokasi yaitu daerah Gunug Pejaten Timur RW.05 dan Daerah Kampung Muara Tanjung Barat, Kec . Jagakarsa, Jakarta Sealatan.

Tim Medis yang bertugas di dua lokasi tersebut sebanyak  10 dokter dengan  pasien yang datang sebanyak 40 % terdiri dari anak-anak dan usia lanjut yang banyak dijumpai  penyakit ISPA, Diare dan Maag.