Press Release Dokter Kecil Award 2009

Press Release Dokter Kecil Award 2009

14 May 2009 | Posted in berita-lengkap, Press Release


PRESS RELEASE DOKTER KECIL AWARD 2009

Hidup sehat adalah dambaan tiap insan. Menjadi sehat atau tidak banyak dipengaruhi oleh faktor budaya dan gaya hidup . Persoalan budaya dan gaya hidup menyangkut kebiasaan dan lingkungan. Jika sejak kecil sudah dibiasakan bergaya hidup sehat , baik itu dari lingkungan keluarga, rumah ataupun masyarakat sekitar, maka upaya menciptakan HIDUP TANPA PENYAKIT bukan lagi cita-cita melainkan REALITA yang dapat diwujudkan. Program DOKTER KECIL AWARD ini diharapkan menjadi rekayasa sejak dini untuk menciptakan manusia Indonesia Sehat, Cerdas dan Sejahtera.

Program Dokter Kecil Award adalah kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan, kebersihan lingkungan, P3K , pengetahuan kewaspadaan dini terhadap bencana, peningkatan wawasan terhadap pengatahuan NAPZA serta teknik berkomunikasi sebagai perwujudan agar para dokter kecil dapat menjadi agen promosi kesehatan dalam meningkatkan upaya kesehatan di masa mendatang. Langkah ini sebagai modifikasi dari program Dokter kecil yang sudah ada saat ini dengan sedikit memodifikasi agar lebih aplikatif dan up date terkait dengan perkembangan kesehatan , seperti : pemanasan global, kewaspadaan dini terhadap bencana dan tekhnik komunikasi. Harapan dari kegiatan ini adalah munculnya para Dokter Kecil – Dokter Kecil yang dapat menjadi contoh , motivator dan agen promosi kesehatan bagi keluarga, teman-temannya dan masyarakat sekitar agar lebih peduli terhadap kebersihan dan kesehatan.

Program Dokter Kecil Award ini sudah dilakukan oleh Pengurus Besar IDI sejak tahun 2008 , diinisiasi di tingkat wilayah propinsi, dalam hal ini DKI Jakarta sebagai pilot project. Kegiatan ini ternyata mendapatkan respon yang sangat positif dan antusias , terutama di cabang/ wilayah Ikatan Dokter Indonesia di seluruh Indonesia untuk membuat program yang sama . Hal ini mendorong Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia untuk mengembangkan dalam bentuk penyelenggaraan di tingkat Nasional melalui program DOKTER KECIL AWARD 2009 .

Program seleksi nasional, telah dilakukan oleh IDI Wilayah masing-masing dengan standarisasi kriteria Dokter Kecil, proses seleksi , Training of Trainer (TOT) pengurus IDI Wilayah, serta sosialisasi buku panduan/ modul Dokter Kecil yang diterbitkan oleh PB IDI. Program seleksi ini menghasilkan perwakilan-perwakilan dari IDI Wilayah masing-masing dan selanjutnya para dokter kecil – dokter kecil terbaik ini dikarantina selama 2 hari untuk dilakukan seleksi nasional dengan indikator/ parameter obyektif meliputi : pengetahuan/ knowlwdge, motorik/ skill, dan penalaran serta kemampuan berkomunikasi dan sosial.

Hasil dari karantina akan diumumkan pada kegiatan GRAND FINAL DOKTER KECIL AWARD yang dihadiri dan penyerahan hadiahnya oleh Ibu Hj. Ani Susilo Bambang Yudhoyono selaku Ibu Negara RI.