Siaran Pers PB IDI Tentang Perkembangan Kasus Ibu Prita Mulyasari

Siaran Pers PB IDI Tentang Perkembangan Kasus Ibu Prita Mulyasari

12 June 2009 | Posted in berita-lengkap, Press Release


Siaran Pers Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia Tentang

Perkembangan Kasus Ibu Prita Mulyasari : IDI Membentuk Tim Khusus

Sehubungan dengan perkembangan terakhir terhadap kasus yang menimpa Ibu Prita Mulyasari, PB IDI memberikan pandangan dan mengambil langkah-langkah sebagai berikut :

  1. IDI ikut prihatin atas kasus hukum yang menimpa ibu Prita Mulyasari, terutama tekait dengan proses penahanan di LP Wanita Tangerang.
  2. PB IDI melalui Pengurus IDI Wilayah Banten sudah melakukan pemanggilan terhadap dokter-dokter RS Omni untuk mengklarifikasi masalah Ibu Prita Mulyasari, khususnya terkait dengan permasalahan praktik kedokteran.
  3. PB IDI memandang masalah ini harus didudukkan secara jernih antara masalah pencemaran nama baik yang merupakan ranah hukum dan masalah praktik kedokteran yang merupakan ranah profesi.
  4. Untuk menjernihkan masalah praktik kedokteran oleh dokter, PB IDI membentuk Tim Khusus untuk menyelidiki lebih lanjut dengan melakukan pertemuan dengan pihak terkait. Tim ini diharapkan dalam waktu paling lama 2 minggu sudah dapat melaporkan hasil–hasil penyelidikannya ke PB IDI.
  5. IDI memandang akhir-akhir ini opini yang berkembang lebih banyak berdasarkan asumsi-asumsi pribadi yang dapat menimbulkan kebingungan di masyarakat.
  6. IDI menginginkan agar semua pihak menahan diri dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan sepanjang memenuhi rasa keadilan masyarakat.
  7. Apabila ada masyarakat yang merasa tidak puas terhadap pelayanan oleh dokter diharapkan/sebaiknya mengadukan ke IDI (melalui Majelis Kehormatan Etika Kedokteran) dan Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia.

Demikian siaran pers ini disampaikan. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

Jakarta, 7 Juni 2009

DR. Dr. Fachmi Idris, M.Kes

NPA.IDI 32552